Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Syaiful Arif)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Syaiful Arif)

KAI Reaktivasi Jalur Kereta Gambringan-Gundih

Nasional pt kai jalur kereta api
Mustholih • 29 Oktober 2019 19:13
Semarang: PT Kereta Api Indonesia berencana mengaktifkan kembali jalur rel Gambringan-Gundih di Grobogan, Jawa Tengah. Jalur rel sepanjang sepuluh kilometer itu terakhir kali dilintasi oleh kereta api reguler pada 2005.
 
"Jalur Gambringan-Gunding terakhir digunakan oleh kereta api reguler trayek Stasiun Rewulu menuju Stasiun Cepu," kata Humas PT KAI Daerah Operasi Empat Semarang, Krisbiyantoro, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Kris menerangkan jalur rel Gambringan-Gundih akan kembali dilewati kereta api reguler pada 1 Desember 2019. Kereta Api Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi–Kutoarjo menjadi kereta pertama yang didaulat melewati jalur rel tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gambringan-Gundih sudah cukup lama dan tidak digunakan sebagai jalur kereta api reguler. Hanya digunakan sebagai jalur alternatif saat terjadi gangguan kereta," ujar dia.
 
Ia menambahkan KAI Daop Empat Semarang segera melakukan sosialisasi atas rencana reaktivasi rel denganmemasang spanduk di sejumkah titik perlintasan sebidang tanpa palang pintu. Perlintasan sebidang juga nantinya secara bertahap akan ditutup bagi kendaraan umum.
 
"Lintas Gambringan-Gundih memiliki 13 titik perlintasan tidak dijaga. Akan ditutup guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan menjamin keselamatan perjalanan kereta api," jelas Kris.
 
Kris berharap ke depan masyarakat di sekitar jalur Gambringan-Gundih dapat lebih waspada dan berhati-hati saat akan melewati perlintasan kereta api.
 
"Masyarakat juga digarapkan ikut membantu terciptanya keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api," ungkapnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif