Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Korban Tewas Pembajakan Kapal di Ambon Bertambah

Nasional pembajakan
Hamdi Jempot • 19 Agustus 2019 15:42
Ambon: Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Muhammad Zaenal mengungkap korban tewas akibat pembajakan KM Mina Sejati berjumlah tujuh orang. Lima orang tewas diduga dibunuh di atas kapal, sedangkan dua lainnya tewas setelah menceburkan diri ke laut.
 
Zaenal menerangkan total anak buah kapal (ABK) 36 orang. Pembajakan dilakukan tiga ABK KM Mina Sejati.
 
"Lima meninggal di kapal, 13 menyelamatkan diri dengan melompat ke laut, dua meninggal, dan 11 lainnya selamat karena bantuan KM Gumilang," ujar Zaenal melalui sambungan telepon di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Senin, 19 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkap tersisa 15 orang di KM Mina Sejati bersama tiga pelaku, yakni NH alias Nurul (Masinis), FDL alias Ferri, dan QIM alias Qersim. Zaenal menegaskan peristiwa tersebut bukan pembajakan melainkan murni kriminal.
 
"Ini perkelahian antarsesama ABK, murni tindakan kriminal," tegasnya.
 
Zaenal menerangkan TNI AL mengirim KRI Teluk Lada 521 membantu menyelamatkan korban yang masih berada di kapal. Tim melakukan pendekatan melalui komunikasi radio dengan pelaku di atas KM Mina Sejati.
 
Namun, komunikasi belum berjalan baik. Belum ada balasan positif para pelaku. Pihaknya menurunkan tim di atas KM Mina Sejati untuk memeriksa dan menggeledah kapal.
 
"Namun kami belum menerima info selanjutnya dari tim, bagimana kondisi 15 ABK termasuk juga tiga orang pelaku apakah sudah ditangkap atau belum," jelasnya.
 
Baca:Negosiasi Pembajakan Kapal di Ambon Masih Berlangsung
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif