Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di Jayapura, Papua, Jumat, 8 November 2019. Medcom.id/ Roylinus Ratumakin
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di Jayapura, Papua, Jumat, 8 November 2019. Medcom.id/ Roylinus Ratumakin

Pemekaran DOB Papua Harus Membahagiakan Warga

Nasional pemekaran daerah
Roylinus Ratumakin • 08 November 2019 19:58
Jayapura: Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mempersilahkan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) jika pemekaran tidak mengganggu Orang Asli Papua (OAP). Pemekaran tersebut juga harus memberikan dampak positif terhadap warga Papua.
 
"Secara pribadi saya mempersilahkan Pemerintan Pusat untuk memekarkan Papua menjadi beberapa provinsi baru seperti Provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Tengah, tetapi harus diingat bahwa rencana tersebut harus membuat orang Papua bahagia dan senang," kata Klemen di Jayapura, Papua, Jumat, 8 November 2019.
 
Klemen menjelaskan sejak awal masyarakat sudah salah kaprah soal pemekaran wilayah dan menurutnya berapapun provinsi yang mau dibentuk tidak menjadi masalah. Meski nantinya, provinsi baru tersebut akan kekurangan dalam jumlah penduduk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mau Papua dimekarkan menjadi 10 Provinsi pun, silahkan saja," jelas Klemen.
 
Sementara Tokoh Masyarakat Papua, Ramses Wally mengatakan jika pemekaran jadi dilakukan, pemimpin daerah harus diduduki orang asli Papua.
 
"Pemekaran harus berjalan. Nanti pemimpinnya harus diduduki oleh orang asli Papua, agar masyarakat Papua benar-benar sejahtera dan aspirasi mereka bisa di perjuangkan," kata Ramses.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif