Warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bertahan di kawasan Istana Bogor, Senin, 2 Desember 2019. Medcom.id/ Rizky Dewantara
Warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bertahan di kawasan Istana Bogor, Senin, 2 Desember 2019. Medcom.id/ Rizky Dewantara

Warga Banyuwangi Bertahan di Istana untuk Bertemu Jokowi

Nasional sertifikat tanah gratis
Rizky Dewantara • 02 Desember 2019 18:49
Bogor: Warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan bertahan di Kota Bogor hingga bisa menemui Presiden Joko Widodo. Warga tersebut bertahan untuk mendapat penerbitan sertifikat tanah.
 
"Kami menetap di Kota Bogor dengan beripindah-pindah tempat. Pinggir jalan, warung, dan taman, yang penting bisa tidur. Sebelum bisa bertemu Pak Jokowi kami tidak akan pulang ke Banyuwangi," kata Gitorolis, 35, di Taman Sempur Bogor, Jawa Barat, Senin, 2 Desember 2019.
 
Gito menjelaskan jika dirinya bersama lima warga Desa Sumberagung sudah berada di Kota Bogor sejak enam hari lalu. Pihaknya berharap ada perhatian khusus dari Presiden Jokowi terhadap masyarakat Desa Sumberagung yang mayoritas penduduknya mencari rezeki dengan melaut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hampir seluruh penduduk desa berprofesi menjadi nelayan. tolong Pak Jokowi perhatikan warga Desa Sumberagung yang menginginkan sertifikat tanah agar tempat tinggal kami legal di atas hukum," jelas Gito
 
Menurut Gito kawasan Desa Sumberagung rentan terhadap bencana alam seperti, tsunami, dan gempa. Apalagi saat ini banyak aktivitas penambangan emas yang dilakukan oleh PT BSI (Bumi Sukses Indo).
 
"Aktivitas pertambangan ditolak oleh warga karena berdampak buruk bagi kesehatan dan kondisi alam khususnya pesisir laut," ungkap Gito.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif