NEWSTICKER
Hamzah Mamba saat ditangkap petugas Polda Sulsel. Medcom.id/ANDI AAN PRANATA
Hamzah Mamba saat ditangkap petugas Polda Sulsel. Medcom.id/ANDI AAN PRANATA

Berkas Perkara Bos Abu Tours Diserahkan ke Pengadilan

Nasional penipuan ibadah umrah Abu Tours Travel
Andi Aan Pranata • 04 September 2018 19:56
Makassar: Direktur Utama perusahaan travel umrah ABU Tours Hamzah Mamba segera disidang atas kasus penggelapan, penipuan, dan pencucian uang. Berkas perkaranya telah didaftarkan Kejaksaan kepada Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Menurut Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Makassar, perkara Hamzah Mamba terdaftar sejak Senin, 3 September 2018, dengan nomor 1235/Pid.B/2018/PN Mks. Berkas diajukan oleh penuntut umum Tabrani.
 
Hamzah Mamba diajukan ke pengadilan dengan dakwaan merugikan 96.976 calon jemaah umrah. Dia diduga menyelewengkan uang setoran umrah senilai Rp1,2 triliun lebih, tapi tidak memberangkatkan jemaah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdakwa dijerat dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan, 378 KUHP tentang penipuan, serta Pasal 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencucian uang.
 
Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Makassar Ulfadrian Mandalani membenarkan soal pelimpahan berkas perkara ABU Tours ke pengadilan.
 
"Baru Hamzah yang kita limpahkan. Jadwal sidangnya belum ada," kata Ulfadrian di Makassar, Selasa 4 September.
 
Empat orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ABU Tours. Hamzah sudah ditahan di Rumah Tahanan Makassar. Muhammad Kasim, mantan manajer keuangan perusahaan, juga telah mendekam di Rutan oleh kejaksaan dan menanti pelimpahan ke pengadilan.
 
Dua tersangka lain masih ditahan di Polda Sulsel. Masing-masing Masing-masing istri Hamzah sekaligus komisaris, Nursyahriah Mansyur, serta Komisaris bernama Chaeruddin.
 
Sembari mengusut kejahatan, Polda Sulsel menyita berbagai aset ABU Tours. Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengatakan, aset disita karena diduga dibeli dari uang hasil kejahatan. Seluruh aset jadi barang bukti penyidikan serta di persidangan kelak.
 
"Total aset ABU Tours yang disita sudah lebih dari Rp250 miliar," kata Dicky.
 

 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif