Pemulangan WNI dari Oman. Dok. KBRI Oman.
Pemulangan WNI dari Oman. Dok. KBRI Oman.

Raih Amnesti, 99 WNI di Oman Dipulangkan ke Indonesia

Internasional perlindungan wni Oman
Marcheilla Ariesta • 14 Desember 2020 19:19
Muscat: KBRI Muscat telah memfasilitasi pemulangan 99 orang pekerja migran Indonesia (PMI) dalam program amnesti yang diselenggarakan pemerintah Oman. Para WNI ini dipulangkan dalam tiga gelombang.
 
Sebanyak 83 orang diantaranya diberikan tiket gratis oleh Kementerian Luar Negeri. 
 
Para PMI tersebut umumnya berasal dari Jawa Barat, NTB, dan sebagian Jawa Tengah. Dalam rombongan juga terdapat empat orang PMI dengan empat orang balita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Duta Besar RI untuk Oman, Mohamad Irzan Djohan menyampaikan penghargaan kepada berbagai pihak, antara lain Kementerian Perburuhan Oman, Royal Oman Police, dan Imigrasi Oman, serta Kementerian Luar Negeri RI atas terselenggaranya program amnesti ini. 
 
“Atas nama KBRI Muscat dan Pemerintah RI, saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Oman atas kerja sama yang baik sehingga program amnesti bagi para PMI dapat berjalan dengan lancar,” ujar Dubes Irzan, dikutip dari pernyataan KBRI Oman, Senin, 14 Desember 2020.
 
Salah seorang PMI berterima kasih atas kepulangan ini. Ia mengatakan bisa bertemu lagi dengan keluarga di Indonesia.
 
Dubes Irzan berpesan para PMI untuk terus semangat berkarya. Ia juga menghimbau agar seluruh PMI tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan.
 
Hingga akhir Desember 2020, proses pemulangan dengan amnesti masih akan terus berlangsung. Diperkirakan setidaknya 50 orang PMI akan diproses, dengan biaya pemulangan mandiri.
 
Pemulangan PMI dengan program amnesti ini merupakan pengalaman kedua KBRI Muscat, setelah program amnesti Oman sebelumnya pada 2015.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif