Warga Palestina di Jenin, Tepi Barat, 6 September 2021, merayakan pelarian enam narapidana dari penjara Israel (JAAFAR ASHTIYEH / AFP)
Warga Palestina di Jenin, Tepi Barat, 6 September 2021, merayakan pelarian enam narapidana dari penjara Israel (JAAFAR ASHTIYEH / AFP)

Masyarakat Palestina Rayakan Pelarian 'Heroik' 6 Napi dari Penjara Israel

Internasional Palestina israel palestina Gaza Israel hamas
Willy Haryono • 07 September 2021 10:28
Gaza: Masyarakat Palestina merayakan pelarian "heroik" enam narapidana dari penjara berkeamanan tinggi Gilboa di Israel bagian utara. Beberapa grup militan Palestina menyerukan warga sipil untuk membantu keenam napi agar tidak dapat ditangkap kembali otoritas Israel.
 
Di kota-kota di Tepi Barat dan Jalur Gaza, masyarakat Palestina membunyikan klakson, mengibarkan bendera, dan membagi-bagikan permen dalam merayakan pelarian keenam napi.
 
"Ini merupakan aksi heroik luar biasa yang dapat memberikan efek kejut kepada sistem keamanan Israel," tutur Daoud Shehab, juru bicara dari kelompok Islamic Jihad, dilansir dari laman TOI, Senin, 6 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ratusan pendukung grup tersebut bersuka cita di Gaza, dan beberapa orang mengirimkan balon api ke arah perbatasan Israel sebagai bentuk dukungan untuk keenam napi.
 
Otoritas Israel mengonfirmasi ada tiga titik api yang berkobar di wilayah mereka akibat pengiriman balon udara dari Gaza. Ketiganya sudah berhasil dipadamkan.
 
Fawzi Barhoum, jubir kelompok Hamas, menyebut pelarian keenam napi sebagai bukti bahwa "perjuangan meraih kemerdekaan dari penjajah terus berlanjut, baik di dalam maupun luar penjara."
 
Hamas meminta masyarakat Palestina untuk melindungi keenam napi, dan mengatakan bahwa peristiwa kemarin merupakan awal dari pelarian-pelarian berikutnya. Husam Badran, salah satu petinggi Hamas, menyebut pelarian keenam napi sebagai "hari bahagia di mana warga Palestina boleh berbangga."
 
Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dari partai Fatah juga memuji pelarian dari Gilboa. Dari keenam napi, salah satunya adalah Zakaria Zubeidi yang merupakan tokoh besar di Fatah.
 
Baca:  Napi yang Kabur dari Penjara Israel Anggota Grup Militan Berbahaya
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif