Asap mengepul tinggi dari lokasi terjadinya serangan udara di provinsi Homs, Suriah. (Foto: AFP)
Asap mengepul tinggi dari lokasi terjadinya serangan udara di provinsi Homs, Suriah. (Foto: AFP)

Pertempuran Pasukan Suriah dan ISIS Tewaskan 50 Orang

Internasional isis konflik suriah
Willy Haryono • 05 Juli 2020 14:05
Damaskus: Pertempuran antara pasukan Suriah yang didukung Rusia dan kelompok militan Islamic State (ISIS) telah menewaskan 50 orang lebih dari masing-masing kubu. Informasi disampaikan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) pada Sabtu 4 Juli.
 
SOHR menyebut angka kematian di atas 50 orang itu merupakan imbas dari pertempuran pasukan Suriah dan ISIS di provinsi Homs sejak Kamis kemarin.
 
"Aksi saling serang mulai terjadi pada Kamis malam hingga Jumat. Sekelompok militan Daesh menyerang beberapa posisi pasukan rezim Suriah di dekat kota Al-Sukhna," kata kepala SOHR, Rami Abdel Rahman, kepada kantor berita AFP, Minggu 5 Juli 2020. Daesh merupakan akronim lain dari ISIS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Militan ISIS sudah sejak lama menguasai area gurun pasir Badia di Suriah, meski grup tersebut sudah kehilangan banyak area jajahan sejak tahun lalu. Di Badia, ISIS terus melancarkan serangan dari waktu ke waktu.
 
ISIS mendeklarasikan "kekhilafahan" lintas perbatasan di banyak wilayah di Suriah dan Irak pada 2014. Namun sejumlah operasi militer, termasuk yang dipimpin Amerika Serikat, telah berhasil meredam sepak terjang ISIS di dua negara tersebut.
 
Perang di Suriah telah menewaskan lebih dari 380 ribu orang sejak pertama kali dimulai pada 2011.
 
Konflik tersebut awalnya hanya berupa aksi protes anti-pemerintah berskala kecil, sebelum akhirnya meletus menjadi isu kompleks yang melibatkan sejumlah negara dan ekstremis.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif