Ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh. (AFP/Khamenei.IR/Irib News Agency)
Ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh. (AFP/Khamenei.IR/Irib News Agency)

Pejabat Israel: Dunia Harus Berterima Kasih atas Kematian Fakhrizadeh

Internasional nuklir iran iran israel Mohsen Fakhrizadeh
Marcheilla Ariesta • 01 Desember 2020 14:30
New York: Seorang pejabat Israel mengatakan dunia harus berterima kasih kepada mereka atas pembunuhan ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh. Ia berbicara secara anonim kepada media Amerika Serikat (AS).
 
Meskipun Israel belum secara resmi mengaku bertanggung jawab atas kematian Fakhrizadeh, namun pernyataan pejabat itu menunjukkan Negeri Zionis ada di balik pembunuhan tersebut.
 
Pejabat Israel itu, yang mengaku selama bertahun-tahun terlibat dalam pelacakan Fakhrizadeh, mengatakan bahwa negaranya akan terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melawan program nuklir Iran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Anadolu Agency, Senin, 1 Desember 2020, pejabat itu menuding bahwa keinginan Iran untuk mendapat senjata nuklir merupakan suatu ancaman
 
"Dunia harus berterima kasih kepada Israel atas pembunuhan itu," tuturnya.
 
Dalam presentasi program nuklir Iran pada April 2018, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu secara khusus menyebut nama Fakhrizadeh. Ia dituding Israel sebagai 'dalang' di balik program nuklir Iran.
 
Pernyataan Netanyahu dalam konferensi pers kemarin menyiratkan adanya peran Israel dalam kematian Fakhrizadeh. Namun hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Israel mengenai pembunuhan tersebut.
 
Fakhrizadeh memimpin penelitian dan inovasi di Kementerian Pertahanan Iran. Ia diserang pada Jumat lalu di kota Absard, Kabupaten Damavand, dekat Teheran.
 
Fakhrizadeh langsung dilarikan ke rumah sakit usai mobil yang dinaikinya diserang. Namun, luka yang dideritanya terlalu parah dan ia dinyatakan meninggal di rumah sakit.
 
Presiden Iran Hassan Rouhani dan pejabat tinggi lainnya menuding Israel sebagai dalang di balik pembunuhan ini. Mereka bersumpah akan membalas kematian Fakhrizadeh.
 
Baca:  Rusia Kecam Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif