Sebuah pesawat Qatar Airways berada di Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi, 11 Januari 2021. (Fayez Nureldine / AFP)
Sebuah pesawat Qatar Airways berada di Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi, 11 Januari 2021. (Fayez Nureldine / AFP)

Arab Saudi Ungkap Rencana Membangun Bandara Terbesar di Dunia

Medcom • 29 November 2022 13:25
Riyadh: Arab Saudi mengungkapkan rencana membangun apa yang diharapkan menjadi salah satu bandara terbesar di dunia. Pengumuman ini merupakan bagian dari upaya Arab Saudi menjadikan negaranya sebagai hub pariwisata.
 
Rencana pembangunan Bandara Internasional Raja Salman yang baru, terletak di Ibu Kota Riyadh, diumumkan penguasa de facto kerajaan, Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), lapor kantor berita Saudi Press Agency (SPA).
 
Bandara tersebut, yang akan dibangun dari dana kekayaan kedaulatan Arab Saudi, Dana Investasi Publik, akan dibangun di lokasi bandara kota saat ini, Bandara Internasional King Khalid.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari laman stuff.co.nz, Selasa, 29 November 2022, diketahui bandara terbaru nanti akan mencakup area seluas sekitar 57 kilometer persegi, dengan enam landasan pacu paralel. Bandara itu dapat menampung hingga 120 juta pelancong di tahun 2030, dan hingga 185 juta pada 2050, serta 3,5 juta ton kargo.
 
Desain bandara akan menampilkan budaya Arab Saudi untuk "menawarkan pengalaman perjalanan unik bagi pengunjung." Selain itu, bandara tersebut juga akan memasukkan "inisiatif hijau terdepan" ke dalam desainnya.
 
"Bandara Internasional Raja Salman akan meningkatkan posisi Riyadh sebagai pusat logistik global, merangsang transportasi, perdagangan dan pariwisata, dan bertindak sebagai jembatan yang menghubungkan Timur dengan Barat," demikian laporan SPA.
 
Arab Saudi memiliki tujuan ambisius untuk menarik 100 juta pengunjung per tahun pada 2030. Ini merupakan bagian dari upaya Arab Saudi dalam mendiversifikasi ekonominya dari sektor perminyakan.
 
Setelah lama ditutup untuk pengunjung asing, visa turis mulai dikeluarkan Arab Saudi untuk pertama kalinya pada September 2019. (Mustafidhotul Ummah)
 
Baca:  Mantap! Semua Bandara di Arab Saudi Diizinkan Beroperasi 100 Persen
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif