Warga berjalan melewati lokasi serangan geng kriminal di Port-au-Prince, Haiti, 10 November 2022. (Richard Pierrin / AFP)
Warga berjalan melewati lokasi serangan geng kriminal di Port-au-Prince, Haiti, 10 November 2022. (Richard Pierrin / AFP)

Sadis! Kepala Akademisi Polisi Haiti Tewas Ditembak di Kepala

Willy Haryono • 26 November 2022 14:11
Port-au-Prince: Kepala Akademisi Kepolisian Nasional Haiti ditembak mati di Port-au-Prince pada Jumat, 25 November kemarin. Ini merupakan kelanjutan dari serangkaian serangan mematikan di wilayah ibu kota negara tersebut.
 
"Harington Rigaud ditembak di kepala, tak jauh dari akademi," kata juru bicara kepolisian Garry Desrosiers, seperti dikutip dari laman Al Arabiya News, Sabtu, 26 November 2022.
 
Para pelaku penembakan juga mencuri kendaraan Rigaud serta menculik sopirnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan terjadi di sebuah distrik yang dikendalikan geng kriminal pimpinan Vitelhomme Innocent, penjahat yang diburu di Amerika Serikat (AS) atas partisipasinya dalam penculikan 16 misionaris pada Oktober 2021.
 
Pemerintah AS telah menawarkan hadiah USD1 juta bagi informasi yang dapat membantu pada penangkapan Innocent.
 
Selama bertahun-tahun, Haiti dilanda masalah keamanan, ekonomi dan kesehatan. Situasi di negara tersebut diperparah pembunuhan terhadap presiden Jovenel Moise di tahun 2021.
 
Dalam setahun terakhir, menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekitar 100.000 warga Haiti telah melarikan diri dari rumah mereka dalam upaya menghindari kekerasan geng bersenjata.
 
Kepolisian Haiti, yang terdiri dari sekitar 13.000 aparat, tidak memiliki cukup personel dalam mengatasi aktivitas sejumlah geng kriminal.
 
Bulan lalu, Haiti meminta komunitas internasional untuk menyalurkan bantuan dalam menangani isu krisis keamanan.
 
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah meminta Dewan Keamanan untuk mempertimbangkan pengiriman pasukan bersenjata internasional ke Haiti. Namun sejauh ini, belum ada keputusan lebih lanjut.
 
Baca:  Mengerikan! Detik-detik Pertempuran Antar Geng di Haiti
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif