Juru Bicara Pasukan Koalisi Arab, Kolonel Turki Al-Maliki. Foto: AFP
Juru Bicara Pasukan Koalisi Arab, Kolonel Turki Al-Maliki. Foto: AFP

Arab Saudi Cegat dan Hancurkan Drone Berisi Peledak Diterbangkan Houthi

Internasional konflik yaman arab saudi
Fajar Nugraha • 13 November 2020 05:51
Riyadh: Pasukan Koalisi Arab berhasil mencegat dan menghancurkan lima drone sarat bahan peledak. Drone yang diluncurkan oleh pemberontak Houthi di Yaman itu menuju Arab Saudi, dalam waktu 24 jam.
 
Pasukan Koalisi berhasil mencegat dan hancurkan di wilayah udara Yaman empat Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV) bermuatan bahan peledak pada Kamis 11 November 2020.
 
“UAV ini secara sistematis dan sengaja diluncurkan oleh milisi Houthi yang didukung Iran untuk menargetkan warga sipil dan sasaran sipil di Kerajaan Arab Saudi,” ujar Juru Bicara Pasukan Koalisi Arab, Kolonel Turki Al-Maliki kepada SPA, yang dikutip Al Arabiya, Jumat 13 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kolonel Al-Maliki menambahkan bahwa Koalisi mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi warga sipil dan sasaran sipil dari serangan tersebut.
 
"Para pemimpin teroris dan operator yang bertanggung jawab atas operasi barbar itu, operasi teroris akan dimintai pertanggungjawaban sesuai dengan hukum humaniter internasional dan aturan adatnya," al-Maliki menambahkan.
 
Koalisi telah melaporkan dalam beberapa pekan terakhir peningkatan serangan udara yang diluncurkan oleh Houthi di Yaman terhadap daerah sipil di Kerajaan. Upaya serangan itu menggunakan drone dan kapal yang dioperasikan dari jarak jauh, bermuatan bahan peledak, serta serangan menggunakan rudal balistik.
 
Sebelumnya pada Rabu 11 November, Koalisi Arab mengatakan pihaknya mencegat dan menghancurkan dua kapal sarat bahan peledak yang diluncurkan oleh Houthi dari Kegubernuran Hodeidah di Yaman.
 
Serangan lintas batas oleh pasukan Houthi ini meningkat sejak akhir Mei, ketika gencatan senjata yang dipicu oleh pandemi virus korona berakhir. Pada akhir Juni, rudal mencapai ibu kota Saudi, Riyadh.
 
(SUR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif