Polisi bersiaga di menara pengawas penjara Gilboa di Israel, 6 September 2021. (JALAA MAREY / AFP)
Polisi bersiaga di menara pengawas penjara Gilboa di Israel, 6 September 2021. (JALAA MAREY / AFP)

Bertambah Lagi, Israel Tangkap 4 dari 6 Tahanan Palestina yang Kabur

Willy Haryono • 11 September 2021 14:39
Tel Aviv: Kepolisian Israel mengaku telah menangkap empat dari enam tahanan Palestina yang kabur dari penjara Gilboa pekan ini pada Sabtu, 11 September 2021. Salah satu yang ditangkap kembali meliputi seorang militan ternama di Israel.
 
Dua tahanan, termasuk Zakaria Zubeidi, ditangkap di kota Umm al-Ghanam. Zubeidi adalah pemimpin militan dalam pemberontak Palestina di awal era 2000-an. Jumat kemarin, mengaku telah menangkap dua narapidana di dekat kota Nazareth.
 
Baca:  Israel Klaim Tangkap 2 dari 6 Tahanan Palestina yang Kabur

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangkaian foto memperlihatkan Zubeidi diborgol dan memakai penutup mata berwarna putih. Ia terlihat digiring dua aparat keamanan.
 
Dalam sebuah pernyataan, polisi menegaskan bahwa pasukan keamanan Israel, termasuk personel militer, bekerja keras dalam menangkap kembali semua tahanan yang melarikan diri.
 
"Semua pasukan dikerahkan dalam kekuatan penuh, mencari di seluruh area terbuka, mengumpulkan semua informasi dalam mendeteksi keberadaan dua napi, termasuk Zubeidi," tutur polisi.
 
Polisi Israel menegaskan pencarian dua narapidana tersisa masih berjalan.
 
Perburuan masif diluncurkan Israel pada Senin kemarin usai kaburnya enam tahanan Palestina dari penjara Gilboa. Ini merupakan pelarian perdana berskala besar yang dilakukan napi Palestina dalam 20 tahun terakhir.
 
Sejumlah kelompok Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza menyebut pelarian keenam napi sebagai aksi "heroik."
 
Keenam napi diyakini telah menggali sebuah lubang di lantai sel mereka dalam beberapa bulan terakhir. Lubang tersebut berujung pada ruang kosong di bawah penjara yang merupakan bekas proyek konstruksi.
 
Dari lubang tersebut, keenam napi diyakini merangkak menuju tembok luar penjara. Mereka kemudian menggali terowongan yang ujungnya adalah sebuah ruas jalan di luar penjara, tepatnya di bawah menara pengawas.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif