Bendera Palestina berkibar di tengah ketegangan antara pasukan Israel dan demonstran Palestina di Deir Jarir dekat Ramallah, Tepi Barat pada 8 Januari 2021. (ABBAS MOMANI / AFP)
Bendera Palestina berkibar di tengah ketegangan antara pasukan Israel dan demonstran Palestina di Deir Jarir dekat Ramallah, Tepi Barat pada 8 Januari 2021. (ABBAS MOMANI / AFP)

Pria Palestina Tahanan Pertama Israel Meninggal di Usia 85 Tahun

Internasional Palestina israel palestina Mahmoud Abbas
Willy Haryono • 23 Maret 2021 09:56
Ramallah: Warga Palestina yang menjadi tahanan pertama Israel meninggal di usia 85 tahun pada Senin, 22 Maret, sekitar setengah abad usai dirinya dibebaskan dari penjara. Kabar kematian Mahmoud Bekir Hejazi ini disampaikan dalam pernyataan gabungan dari Badan Urusan Tahanan Palestina dan Masyarakat Tahanan Palestina.
 
"Hejazi, tokoh simbol pengorbanan, telah meninggalkan pesan perjuangan penting dan warisan nasional," ucap pernyataan gabungan tersebut, dilansir dari laman Anadolu Agency pada Selasa, 23 Maret 2021.
 
Menurut laporan kantor berita WAFA, Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas telah menyampaikan ucapan duka kepada keluarga Hejazi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencananya jenazah Hejazi akan dikebumikan pada Selasa ini dengan pemakaman militer. Abbas dijadwalkan hadir dalam pemakaman tersebut.
 
Hejazi, lahir di Yerusalem di tahun 1936, ditahan pasukan Israel dalam sebuah operasi militer di kota Beit Jibrin pada Januari 1965. Ia adalah individu pertama yang menjadi tahanan Israel, dan kala itu menerima vonis mati.
 
Namun eksekusi mati terhadap Hejazi pada akhirnya tidak dilakukan usai adanya gelombang kecaman dari komunitas internasional.
 
Dibebaskan pada 1971 lewat perjanjian pertukaran antara faksi Fatah dan Israel, Hejazi tinggal di Lebanon hingga 1994 sebelum akhirnya kembali ke Ramallah, Tepi Barat.
 
Lebih dari satu juta warga Palestina telah dijebloskan ke penjara Israel sejak 1965, berdasarkan data dari Masyarakat Tahanan Palestina.
 
Baca:  Covid-19 Merebak Pada Tahanan Palestina di Penjara Israel
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif