Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: AFP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: AFP

Erdogan Tegaskan Pasukan Turki Hadir di Qatar Jaga Stabilitas Teluk

Internasional turki qatar terbuka konflik suriah
Fajar Nugraha • 09 Oktober 2020 10:57
Doha: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengonfirmasi bahwa negaranya tidak akan tinggal di Suriah tanpa batas waktu. Dirinya juga menegaskan bahwa kehadiran militer Turki di Qatar guna menjaga stabilitas Teluk.
 
Komentar ini dikeluarkan di saat satu tahun kehadiran Turki dalam perang saudara di Suriah. Erdoga menjamin kehadiran pasukan tidak akan lama.
 
"Turki tidak akan tetap di Suriah selamanya, dan akan mengakhiri kehadirannya di negara ini segera setelah solusi permanen untuk krisis tercapai,” ujar Erdogan kepada The Peninsula pada Kamis 8 Oktober 2020, yang dikutip Anadolu, Jumat 9 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kantor Berita Turki, Anadolu mengutip Erdogan yang menyatakan bahwa: "Turki akan menjaga kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) di untuk memerangi terorisme, mendukung demokrasi, dan mengakhiri konflik."
 
Presiden Turki itu menunjukkan bahwa kehadiran militer negaranya di Qatar melayani stabilitas dan perdamaian di kawasan Teluk.
 
"Tidak ada yang boleh diganggu oleh kehadiran Turki dan tentaranya di Teluk, kecuali pihak-pihak yang berusaha menyebarkan kekacauan di wilayah tersebut,” tegasnya.
 
Mengenai perkembangan di Mediterania timur, Erdogan menegaskan bahwa: "Mereka yang melihat ketahanan kami, dan menyadari bahwa mereka dapat membuat kami mundur, hari ini dipaksa untuk mendengarkan seruan kami untuk berdialog."
 
Sabtu lalu, Erdogan menyatakan bahwa negaranya akan mengejar teroris di persembunyian mereka di Suriah. Mereka akan memburu para separatis Kurdi di Suriah jika perjanjian dialog yang dibuat terkait hal ini tidak dilaksanakan.
 
Parlemen Turki meratifikasi mosi pada Selasa untuk memperpanjang penempatan pasukan Turki di Irak dan Suriah, dengan tambahan satu tahun.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif