PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)
PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)

Israel dan Hizbullah Saling Serang di Perbatasan

Internasional hizbullah israel
Willy Haryono • 28 Juli 2020 15:01
Tel Aviv: Militer Israel dan kelompok Hizbullah asal Lebanon disebut-sebut terlibat aksi saling serangan di sepanjang area perbatasan pada Senin 27 Juli. Perdana Israel Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan, pasukannya telah berhasil menghalau Hizbullah yang berusaha menyusup ke Israel.
 
Menurut keterangan militer Israel, semua warga di area perbatasan diminta untuk tetap berada di rumah usai terjadinya aksi saling menembakkan artileri.
 
"Hizbullah harus tahu bahwa mereka sedang bermain dengan api," kata PM Netanyahu dalam pidato di televisi dari markas Kementerian Pertahanan Israel di Tel Aviv, dilansir dari laman CGTN, Selasa 28 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah sumber di Lebanon mengatakan bahwa Hizbullah memang telah melancarkan beberapa serangan ke militer Israel. Israel kemudian membalasnya dengan menembakka artileri yang jatuh di area sengketa Shebaa Farm di sepanjang perbatasan.
 
Api dan asap mengepul dari lokasi jatuhnya artileri. Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dari kubu Israel maupun Hizbullah.
 
Diduduki Israel, Shebaa Farm diklaim Lebanon. Perserikatan Bangsa-Bangsa menganggapnya sebagai bagian dari wilayah Suriah yang diduduki Israel pada perang Timur Tengah di tahun 1967.
 
Hizbullah, grup yang pernah berperang dengan Israel pada 2006, membantah berusaha menyusup melewati perbatasan. Ia mengklaim insiden di sekitar Shebaa Farm bersifat "sepihak."
 
"Tidak ada pertempuran atau aksi melepaskan tembakan dari kubu kami hari ini," sebut Hizbullah. Namun kelompok tersebut mengaku sedang mempertimbangkan apakah akan membalaskan dendam salah satu anggotanya yang tewas dalam serangan Israel di Suriah beberapa hari lalu.
 

(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif