Ilustrasi banjir. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi banjir. (Foto: Medcom.id)

Banjir di Marib Yaman Tewaskan 17 Orang

Internasional konflik yaman Banjir Yaman
Willy Haryono • 04 Agustus 2020 12:02
Marib: Banjir yang dipicu hujan deras menewaskan sedikitnya 17 orang di Yaman bagian timur pada Selasa pagi, 4 Agustus 2020. Kantor cabang Kementerian Kesehatan Yaman di provinsi Marib melaporkan, delapan dari 17 korban tewas adalah anak-anak.
 
Dikutip dari laman Anadolu Agency, status darurat dideklarasikan untuk semua rumah sakit di provinsi Marib dalam upaya mengantisipasi gelombang korban tewas atau luka.
 
Pemerintah Yaman telah meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membantu warga terdampak banjir. Hingga saat ini, perwakilan PBB di Yaman belum memberikan komentar apapun seputar banjir di Marib.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yaman diguncang konflik bersenjata yang intensitasnya meningkat pada Maret 2015, setelah pemberontak Houthi yang didukung Iran menguasai ibu kota Sanaa. Direbutnya ibu kota memaksa Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi melarikan diri ke Arab Saudi.
 
Menurut data PBB, konflik selama lebih kurang lima tahun di Yaman telah menewaskan ribuan warga sipil dan membuat 3,65 juta lainnya kehilangan tempat tinggal atau telantar di negeri sendiri.
 
Hampir separuh dari total 30 juta penduduk Yaman membutuhkan bantuan darurat untuk sekadar menyambung hidup atau menyelamatkan nyawa.
 
Program Makanan Dunia (WFP) mengatakan, meski sejumlah organisasi internasional terus menyalurkan bantuan kemanusiaan, setidaknya 15,9 juta warga Yaman masih menderita kelaparan pada setiap harinya.
 
Jika bantuan kemanusiaan ke Yaman tersendat atau terputus, diestimasi angka warga yang kelaparan dapat bertambah hingga 20 juta.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif