Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Foto: AFP
Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Foto: AFP

Abbas Terima Surat dari Biden Terkait Perkembangan Timur Tengah

Internasional Palestina israel palestina Israel joe biden Mahmoud Abbas
Fajar Nugraha • 12 Mei 2021 15:27
Ramallah: Presiden Palestina Mahmoud Abbas terima surat dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tentang perkembangan terkini di Timur Tengah, khususnya terkait serangan Israel. Ini merupakan surat pertama diterima oleh Abbas dari AS.
 
“Presiden Abbas menerima surat pada Selasa dari Presiden AS Joe Biden mengenai perkembangan politik terbaru, situasi saat ini, dan hubungan bilateral antara AS dan Palestina,” menurut kantor berita resmi Palestina, WAFA, Rabu 12 Mei 2021.
 
Baca: 35 Orang Tewas dalam Aksi Saling Serang Israel dan Hamas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surat itu adalah komunikasi resmi pertama yang diumumkan antara kedua belah pihak sejak Biden menjabat pada Januari.
 
AS pada April mengumumkan dimulainya kembali bantuan keuangan ke Palestina yang ditangguhkan oleh mantan pemerintahan Donald Trump. Trump secara bertahap memotong hampir semua bantuan yang diarahkan dari AS ke Palestina selama masa jabatannya.
 
Media Israel melaporkan bahwa Abbas menolak panggilan dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Maret karena seruan tersebut bertentangan dengan protokol tradisional dengan Presiden AS yang baru membuat panggilan awal.
 
Surat tersebut datang di tengah serangan Israel terhadap Palestina. Aksi kekerasan Israel dipicu penembakan gas air mata dan granat kejut ke arah warga Palestina yang tengah melakukan salat di Jumat terakhir saat Ramadan.
 
Baca: Peluncuran Rudal dari Gaza Bentuk Dukungan untuk Masjid Al-Aqsa.
 
Kejadian itu dibalas oleh kelompok pejuang Palestina di Gaza dengan melepaskan tembakan roket. Israel pun membalas dengan serangan udara ke Gaza.
 
Hingga saat ini, pertempuran antara Palestina dan Israel telah menewaskan 35 warga Palestina dan lima warga Negara Yahudi tersebut.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif