Tiga pesawat jet tempur koalisi Arab Saudi. (Foto: AFP)
Tiga pesawat jet tempur koalisi Arab Saudi. (Foto: AFP)

Koalisi Arab Saudi Tembak Jatuh Drone dan Misil Houthi

Internasional konflik yaman arab saudi pemberontak houthi
Willy Haryono • 23 Agustus 2020 18:03
Riyadh: Koalisi militer Arab Saudi menembak jatuh dua pesawat tanpa awak (drone) yang dilengkapi bom serta sebuah misil balistik. Koalisi menyebut dua drone dan satu misil itu diluncurkan oleh pemberontak Houthi di Yaman.
 
Dilansir dari laman Emirates News Agency, Minggu 23 Agustus 2020, juru bicara koalisi Arab Saudi, Kolonel Turki al-Maliki, mengonfirmasi hancurnya sebuah drone yang dilengkapi drone pada Sabtu malam di wilayah selatan Saudi.
 
Di hari yang sama, koalisi Arab Saudi juga mencegat sebuah misil balistik yang diluncurkan dari arah Yaman ke kota Jizan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pagi ini, koalisi telah menghancurkan UAV (drone) yang dilengkapi bom saat masih berada di zona udara Yaman," ujar al-Maliki.
 
Juni tahun lalu, Houthi melancarkan serangan dengan menggunakan drone ke bandara di Jizan dan Abha di Arab Saudi bagian selatan. Houthi mengklaim rangkaian serangan drone itu ditujukan ke ruang kendali di bandara Jizan dan stasiun pengisian bahan bakar di bandara Abha.
 
Houthi telah beberapa kali menyerang bandara Abha sepanjang Juni 2019. Serangan misil Houthi di bandara tersebut sempat melukai 26 orang.
 
Pimpinan koalisi, yakni Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, menuduh Garda Revolusioner Iran dan Hizbullah asal Lebanon sebagai pendukung Houthi. Ketiga pihak tertuduh itu membantah keras tudingan koalisi.
 
Konflik Yaman selama ini dipandang sebagai sebuah perang proksi antara Arab Saudi dengan Iran.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif