Ribuan warga Palestina turun ke jalan untuk demo normalisasi hubungan UEA-Israel. Foto: AFP.
Ribuan warga Palestina turun ke jalan untuk demo normalisasi hubungan UEA-Israel. Foto: AFP.

Fatah dan Hamas Bersatu Protes Normalisasi Hubungan UEA-Israel

Internasional israel palestina
Marcheilla Ariesta • 20 Agustus 2020 09:28
Tepi Barat: Ratusan warga Palestina mengadakan protes di Tepi Barat. Protes yang dilakukan menentang aneksasi dan normalisasi hubungan Uni Emirat Arab dengan Israel.
 
Anggota kelompok Hamas yang mengontrol Jalur Gaza, dan faksi Fatah dari Otoritas Palestina di Tepi Barat mengambil bagian dalam unjuk rasa ini. Hal tersebut dinilai langka karena Hamas dan Fatah tidak akur.
 
"Hari ini kami memberitahu dunia bahwa kami bersatu melawan 'kesepakatan abad ini', aneksasi dan normalisasi," ujar Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh pada rapat umum di desa Turmus'ayya, dilansir dari France 24, Kamis, 20 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengumuman normalisasi hubungan Israel dan Uni Emirat Arab yang kaya energi memicu kemarahan di antara warga Palestina. Hamas dan kepemimpinan PA mengecam perjanjian yang ditengahi Amerika Serikat tersebut.
 
Berdasarkan kesepakatan itu, Israel mengatakan akan 'menangguhkan' rencana untuk mencaplok permukiman Yahudi dan wilayah lain di Tepi Barat.
 
Rencana aneksasi tersebut diuraikan dalam proposal perdamaian Timur Tengah yang kontroversial dan diresmikan Januari lalu oleh Presiden AS Donald Trump.
 
"Setiap normalisasi melegitimasi pendudukan wilayah Palestina. Ini seperti ditusuk dari belakang," tambahnya.
 
Sekitar 2.000 warga Palestina ikut serta dalam unjuk rasa di Turmus'ayya, sebuah desa di utara Tepi Barat yang terletak di antara kota Ramallah dan Nablus.
 
Warga pergi ke sana dengan bus dari daerah lain di Tepi Barat dan bentrokan terjadi antara pedemo dengan pasukan Israel di pinggiran desa. Para pengunjuk rasa melemparkan batu ke pasukan Israel yang merespons dengan gas air mata.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif