Kendaraan melaju di tengah badai pasir di wilayah selatan Teheran, Iran, 4 Juli 2022. (AFP)
Kendaraan melaju di tengah badai pasir di wilayah selatan Teheran, Iran, 4 Juli 2022. (AFP)

Badai Pasir Picu Penutupan Kantor dan Sekolah di Teheran Iran

Willy Haryono • 05 Juli 2022 09:00
Teheran: Sejumlah kantor pemerintah dan sekolah di ibu kota Iran, Teheran, dan beberapa kota lainnya di negara tersebut ditutup sepanjang Senin, 4 Juli 2022, karena terjangan badai pasir.
 
Saluran televisi nasional Iran memperingatkan buruknya kualitas udara di tengah terjangan badai pasir, dan mengimbau orang lanjut usia, individu dengan penyakit tertentu, dan anak-anak untuk mewaspadai kondisi terkini.
 
"Sektor perbankan dan Bursa Saham Teheran tetap dibuka," ujar laporan televisi tersebut, dikutip dari voanews.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini merupakan kali keduanya Iran menutup sejumlah kantor pemerintah dan sekolah di Teheran. Badai pasir terbaru ini merupakan kali keempat yang melanda Iran sejak pertengahan April.
 
Penutupan kantor dan sekolah di Teheran akibat badai pasir dilakukan pertama kali pada Mei. Sementara kantor dan sekolah di Iran barat yang berbatasan dengan Irak lebih sering ditutup karena tingginya intensitas badai pasir.
 
Teheran adalah salah satu kota paling berpolusi di dunia. Sejumlah pakar mengatakan bahwa penyebabnya adalah lemahnya kebijakan pemerintah, desertifikasi, rendahnya kadar air, dan perubahan iklim.
 
Selain di Iran, badai pasir juga mengancam jemaah haji dari berbagai negara di Arab Saudi. Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekkah Imran Saleh menyarankan jemaah haji Indonesia untuk selalu menggunakan masker.
 
"Tetap pakai masker. Kita tidak tahu kapan tiba-tiba terjadi badai pasir," kata Imran di Mekkah, melansir Mediaindonesia.com, Kamis, 16 Juni.
 
Badai pasir dapat berbahaya bagi pernapasan. Bagi yang punya masalah paru-paru, dampaknya akan makin berat. Kemudian debu bila masuk di mata bisa menyebabkan infeksi.
 
Baca:  Antisipasi Badai Pasir, Jemaah Haji Disarankan Selalu Pakai Masker
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif