Ilustrasi ibadah haji. (AFP)
Ilustrasi ibadah haji. (AFP)

Arab Saudi Tetapkan Kuota Maksimal 1 Juta Jemaah Haji Tahun Ini

Willy Haryono • 09 April 2022 10:20
Riyadh: Arab Saudi menetapkan kuota maksimal 1 juta jemaah untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Jumlah kuota tersebut sudah termasuk jemaah dalam dan luar negeri.
 
Dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu, 9 April 2022, Kementerian Urusan Haji Arab Saudi mengatakan bahwa ibadah haji tahun ini diperuntukkan bagi jemaah di kisaran usia 65 tahun yang sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 secara lengkap.
 
Pihak kementerian menambahkan, jemaah dari luar Kerajaan Arab Saudi harus menyerahkan hasil negatif tes PCR. Nantinya, jemaah luar negeri juga akan menghadapi beberapa skema antisipasi lainnya di bidang kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Haji adalah salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi setiap Muslim, dengan catatan memang mampu dilakukan secara fisik dan finansial. Tahun ini, ibadah haji diperkirakan berlangsung pada bulan Juli.
 
Pada 2021, Arab Saudi hanya menerima ribuan jemaah haji karena penyebaran Covid-19 di dalam negeri dan level global masih sangat mengkhawatirkan.
 
Sebelum kemunculan Covid-19, sekitar 2,5 juta orang dari seluruh dunia berdatangan ke Arab Saudi pada setiap tahunnya untuk menunaikan ibadah haji.
 
Sebelumnya, Arab Saudi menegaskan bahwa siapa pun yang tertangkap datang untuk melakukan Umrah tanpa izin akan didenda SR10.000 atau sekitar Rp38,3 juta oleh pihak Arab Saudi. Denda yang diumumkan pada Sabtu 2 April itu diterapkan untuk keamanan publik.
 
Pihak keamanan masyarakat mengatakan izin jemaah haji dan Umrah akan diperiksa dalam aplikasi Tawakkalna dengan mencocokkannya dengan identitas nasional, tempat tinggal, nomor paspor atau nomor perbatasan. Selain juga membandingkannya dengan tanggal yang ditentukan untuk melakukan umrah yang dipilih dalam izin.
 
Baca:  Arab Saudi Jatuhkan Denda Rp38 Juta kepada Jemaah Umrah yang Datang Tanpa Izin
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif