“Gangguan terhadap pelayaran Laut Merah yang disebabkan oleh serangan Houthi akan mendorong kenaikan harga barang-barang konsumen di Eropa pada khususnya,” kata seorang eksekutif dari operator pelabuhan dan pengangkutan DP World seiring dengan meningkatnya dampak terhadap perdagangan.
Milisi Houthi mengancam akan memperluas serangannya hingga mencakup kapal-kapal AS sebagai tanggapan atas serangan Amerika dan Inggris di lokasi mereka di Yaman.
Serangan yang dilakukan oleh kelompok Houthi terhadap kapal-kapal di wilayah tersebut sejak November telah berdampak pada perusahaan-perusahaan dan mengkhawatirkan negara-negara besar. Ini menjadi sebuah peningkatan dari perang Israel yang telah berlangsung lebih dari tiga bulan dengan militan Hamas Palestina di Gaza. Kelompok Houthi mengatakan mereka bertindak sebagai solidaritas terhadap Palestina.
Gedung Putih mengatakan serangan tambahan AS pada hari Selasa berhasil menghancurkan rudal balistik yang siap diluncurkan Houthi. Mengutip para pejabat AS, bahwa serangan baru diluncurkan pada empat rudal anti-kapal. Serangan tersebut belum pernah dilaporkan sebelumnya.
"Kami tidak ingin memperluas masalah ini. Houthi punya pilihan yang harus diambil dan mereka masih punya waktu untuk membuat pilihan yang tepat, yaitu menghentikan serangan sembrono ini," kata juru bicara Gedung Putih John Kirby, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu 17 Januari 2024.
Prancis memilih untuk tidak ambil bagian dalam serangan yang dipimpin AS karena ingin menghindari eskalasi regional. Menurut Presiden Emmanuel Macron pada konferensi pers, negaranya memiliki pendekatan ‘defensif’ di Laut Merah dan akan tetap berpegang pada pendirian ini.
Baca: AS-Inggris Gabung Kekuatan Lancarkan Serangan kepada Houthi di Yaman. |
Sementara dua ketua kelompok perbankan internasional yang menghadiri Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos mengatakan secara pribadi bahwa mereka khawatir krisis ini akan menyebabkan tekanan inflasi yang pada akhirnya dapat menunda atau membalikkan penurunan suku bunga dan membahayakan harapan soft landing ekonomi AS.
CFO DP World Yuvraj Narayan mengatakan, dia memperkirakan gangguan akan memukul impor Eropa.
“Harga barang ke Eropa dari Asia akan jauh lebih tinggi,” kata Narayan pada pertemuan tahunan WEF di Davos, resor ski Swiss.
“Konsumen Eropa akan merasakan dampaknya. Hal ini akan lebih berdampak pada negara maju dibandingkan negara berkembang,” tambah kepala keuangan perusahaan logistik yang berbasis di Dubai tersebut.
Premi asuransi risiko perang untuk pengiriman melalui Laut Merah meningkat, kata sumber asuransi pada hari Selasa.
Di Spanyol, empat pabrik milik pembuat ban Prancis Michelin berencana menghentikan produksi lagi akhir pekan ini, yang merupakan tanda lebih lanjut dari dampak penundaan pengiriman bahan mentah.
Gencatan senjata Gaza
Kapal kontainer telah berhenti sejenak atau mengalihkan perhatian dari Laut Merah yang mengarah ke Terusan Suez, jalur angkutan tercepat dari Asia ke Eropa. Banyak kapal terpaksa berlayar mengelilingi Tanjung Harapan di Afrika Selatan.Sekitar 12 persen lalu lintas pelayaran dunia mengakses Terusan Suez melalui Laut Merah.
Otoritas Terusan Suez Mesir meremehkan gangguan apa pun, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penangguhan transit melalui terusan oleh perusahaan bersifat “sementara” dan lalu lintas melalui terusan “berjalan seperti normal”.
The Wall Street Journal menyebutkan, perusahaan minyak Inggris, Shell telah menangguhkan semua pengiriman melalui Laut Merah tanpa batas waktu setelah serangan AS dan Inggris memicu kekhawatiran akan eskalasi lebih lanjut.
Perusahaan minyak Amerika, Chevron, mengatakan pihaknya mempertahankan rute pengirimannya melalui Laut Merah. Exxon Mobil, yang tidak memiliki atau mengoperasikan kapal pelayaran, mengatakan, “pihaknya terus mendukung pemilik dan operator kapal dalam mengikuti panduan dari Pasukan Maritim Gabungan,” – sebuah referensi untuk kemitraan angkatan laut multinasional yang bertujuan menjaga laut tetap aman.
Kelompok kapal tanker Rusia Sovcomflot juga mempertimbangkan rute alternatif jika krisis meningkat, kantor berita TASS melaporkan.
Para diplomat Eropa mengatakan negara-negara anggota Uni Eropa telah memberikan dukungan awal untuk pembentukan misi angkatan laut paling lambat 19 Februari untuk membantu melindungi kapal.
Koalisi pimpinan AS yang bertujuan untuk menjaga lalu lintas komersial di Laut Merah lemah karena kekuatan regional Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Mesir tidak mengambil bagian, kata wakil presiden Yaman pada Selasa.
“Koridor Bab al-Mandab ini menarik bagi seluruh dunia dan kawasan, sehingga intervensi regional adalah kuncinya,” kata Aidarous al-Zubaidi dalam sebuah wawancara, merujuk pada selat sempit di pintu masuk selatan Laut Merah.
Dewan Transisi Selatan separatis Zubaidi adalah bagian dari aliansi yang menentang kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman.
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berbicara dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian pada hari Senin, kata juru bicara Guterres Stephane Dujarric pada Selasa.
“Mengenai situasi di Laut Merah, Sekjen mengulangi seruannya kepada semua pihak untuk menghindari eskalasi lebih lanjut,” kata Dujarric.
Menteri Luar Negeri Arab Saudi menggarisbawahi hubungan antara serangan Houthi terhadap kapal komersial dengan perang di Gaza. Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan prioritas kerajaannya adalah menemukan jalan menuju deeskalasi melalui gencatan senjata di Gaza.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News