Bendera Uni Emirat Arab dan Israel berkibar secara berdampingan usai disepakatinya perjanjian normalisasi hubungan. (Foto: Jack Guez/AFP/Getty)
Bendera Uni Emirat Arab dan Israel berkibar secara berdampingan usai disepakatinya perjanjian normalisasi hubungan. (Foto: Jack Guez/AFP/Getty)

Israel dan UEA Resmikan Sambungan Telepon Langsung

Internasional uni emirat arab palestina israel
Willy Haryono • 17 Agustus 2020 08:41
Tel Aviv: Israel dan Uni Emirat Arab telah meresmikan sambungan telepon langsung antar kedua negara. Peresmian dilakukan usai keduanya menyepakati perjanjian normalisasi hubungan pekan kemarin.
 
"Kami memutuskan bersama untuk membentuk saluran komunikasi langsung menjelang penandatanganan perjanjian normalisasi," tulis Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi di Twitter, dikutip dari laman BBC, Senin 17 Agustus 2020.
 
Kementerian Komunikasi Israel mengatakan, operator telepon seluler di UEA telah membuka blokade terhadap semua nomor telepon yang memiliki kode negara Israel, +972.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya mengucapkan selamat kepada Uni Emirat Arab atas pembukaan (blokade nomor Israel)," kata Menteri Komunikasi Israel Yoaz Hendel.
 
"Banyak kesempatan kerja sama di bidang ekonomi akan terbuka, dan langkah membangun kepercayaan ini merupakan hal penting untuk mendorong kepentingan kedua negara," sambungnya.
 
Kedua negara dijadwalkan menandatangani perjanjian normalisasi di Washington dalam kurun waktu tiga pekan ke depan, usai diumumkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis 13 Agustus. Normalisasi hubungan akan meliputi pembukaan kedutaan besar di masing-masing negara.
 
Sebagai tanda semakin dekatnya Israel dan UEA, kedua negara telah menandatangani perjanjian terkait riset virus korona (covid-19) pada Sabtu kemarin.
 
Perjanjian normalisasi Israel-UEA merupakan kesepakatan ketiga yang terjalin antara Israel dan negara Arab di Timur Tengah. Sebagian negara global menyambut baik normalisasi tersebut, namun Palestina, Iran, dan Turki mengecamnya.
 
Di bawah perjanjian normalisasi dengan UEA, Israel sepakat untuk menunda rencana mencaplok sebagian besar wilayah Tepi Barat.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif