Gedung Putih di Washington. (Foto: AFP)
Gedung Putih di Washington. (Foto: AFP)

UEA-Israel Segera Resmikan Normalisasi di Gedung Putih

Internasional UEA-Israel
Willy Haryono • 09 September 2020 07:10
Abu Dhabi: Uni Emirat Arab dan Israel akan secara resmi menandatangani perjanjian normalisasi hubungan pekan depan. Penandatanganan akan dilakukan di Gedung Putih, karena Amerika Serikat adalah mediator normalisasi antara UEA dan Israel.
 
Dikutip dari laman Al-Monitor, Selasa 8 September 2020, Menteri Luar Negeri Abdullah bin Zayed Al Nahyan akan turut terbang ke Washington bersama jajaran delegasi UEA. Sementara dari Israel, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan memimpin langsung delegasi negaranya.
 
Penandatanganan normalisasi hubungan UEA dan Israel dijadwalkan berlangsung pada 15 September mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertengahan bulan lalu, AS mengumumkan bahwa UEA dan Israel sudah sepakat menormalisasi hubungan diplomatik. UEA pun menjadi negara Arab ketiga yang melakukan hal tersebut setelah Mesir dan Yordania.
 
Berbeda dengan Mesir dan Yordania, wilayah UEA tidak berbatasan dengan Israel. Untuk wilayah Teluk, UEA adalah negara pertama yang menormalisasi hubungan dengan Israel.
 
Perjanjian normalisasi UEA-Israel berdampak luas di kawasan. Bahrain dan Arab Saudi menolak mengikuti langkah normalisasi, namun mengizinkan zona udaranya untuk penerbangan langsung antara Israel dan UEA.
 
Menjamu delegasi Israel dan UEA untuk penandatanganan normalisasi di Gedung Putih dapat mendorong kredensial kebijakan luar negeri Presiden Donald Trump menjelang pemilihan umum AS pada November mendatang.
 
Mendukung Israel merupakan salah satu langkah Trump dalam meraup dukungan dari kalangan Yahudi dan kelompok evangelis di AS, meski ada sebagian grup yang kini mengkritisi dukungan Washington terhadap Tel Aviv.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif