Pembukaan GMC 2022 digelar di Abu Dhabi National Exhibition Centre (ADNEC) pada 15 November 2022 dan dibuka langsung oleh Syekh Mansour bin Zayed Al Nahyan, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pengadilan Presiden. Tema yang diangkat untuk gelaran perdana GMC 2022 adalah ‘Shaping the Future of Media Industry’ atau ‘Membentuk Masa Depan Industri Media.’
GMC 2022 merupakan konferensi yang diselenggarakan oleh group ADNEC bekerja sama dengan Emirates News Agency (WAM) dan hadir untuk mempertemukan para pelaku industri media untuk berjejaring dan bertukar pengalaman, terutama untuk menghadapi berbagai perubahan di industri media.
Dalam sambutannya, Syekh Mansour bin Zayed Al Nahyan menyebut bahwa Global Media Congress bertujuan untuk membangun lingkungan yang fleksibel, mampu beradaptasi terutama terhadap perkembangan teknologi.
“Global Media Congress mempertemukan para pemimpin dunia, pakar, dan profesional di bidang ini (media), ini merupakan puncak dari upaya UEA untuk membangun lingkungan yang luar biasa ditandai dengan fleksibilitas dan daya saing dan berbasis pada infrastruktur digital yang canggih,” ungkap Syekh Mansour dalam pembukaan GMC 2022.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menteri UAE untuk Urusan Pemuda, Shamma binti Suhail Faris Al Mazrui menyebut bahwa media harus jujur. Selain itu, media juga harus mampu untuk memberikan konten yang relevan dengan kondisi yang terjadi saat ini terutama untuk anak muda.
“Mereka (anak muda) menginginkan media yang menarik, yang benar-benar peduli dengan masa depan mereka, yang membuat mereka menjadi warga negara yang lebih baik,” jelasnya.
Selain itu, Suhail juga menambahkan bahwa media berperan penting untuk menyampaikan sejumlah isu bagi anak muda terutama mengenai perubahan iklim, kesehatan mental, hingga potensi pengangguran.
“Saya berharap kita bisa bersama-sama memprioritaskan dan menormalisasi aksi menjaga iklim dan menjadikannya standar bagi orang-orang untuk berkontribusi, sekaligus juga menghibur, sehingga orang menyukai, mengklik, dan berbagi hal tersebut,” tutup Suhail dalam sambutannya.
GMC 2022 digelar selama 3 hari, mulai 15 November 2022 hingga 17 November 2022 dan diikuti oleh lebih dari 8.000 peserta atau delegasi yang terdiri dari pemimpin media, spesialis media, influencer, CEO perusahaan start-up, hingga akademisi dari berbagai negara. Berbagai rangkaian agenda digelar dengan menghadirkan 162 pembicara dari berbagai negara, mulai dari konferensi, workshop, hingga puluhan stand pameran dari berbagai industri media.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News