Foto dari sebuah video memperlihatkan drone Houthi yang terbakar di pangkalan udara Al Anad di Yaman pada 10 Januari 2019
Foto dari sebuah video memperlihatkan drone Houthi yang terbakar di pangkalan udara Al Anad di Yaman pada 10 Januari 2019

Koalisi Arab Saudi Hancurkan Drone Houthi di Bandara Internasional

Internasional konflik yaman arab saudi pemberontak houthi
Willy Haryono • 31 Agustus 2020 07:34
Abha: Koalisi militer pimpinan Arab Saudi telah mencegat dan menghancurkan sebuah pesawat tanpa awak (drone) yang dipasangi bom di zona udara Bandara Internasional Abha. Tidak hanya itu, koalisi juga menghancurkan sebuah kapal berisi bahan peledak di wilayah selatan Laut Merah.
 
Dikutip dari The National, Senin 31 Agustus 2020, koalisi menyebut drone dan kapal tersebut diluncurkan pemberontak Houthi dari arah Yaman.
 
Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa serpihan dari drone Houthi jatuh di area bandara, namun tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Maliki mengatakan, drone itu sengaja dikirim Houthi untuk melukai ribuan calon penumpang di bandara Abha yang berada di dekat perbatasan Yaman.
 
Ia menambahkan, kapal berisi bahan peledak yang dikirim Houthi di selatan Laut Merah merupakan ancaman bagi rute perdagangan kawasan dan global.
 
"Komando pasukan gabungan dari Koalisi akan terus mengambil langkah-langkah tegas dalam menghadapi aksi para milisi teroris ini," tegas al-Maliki.
 
"Langkah-langkah ini akan terus dilakukan demi melindungi keselamatan warga dan juga properti masyarakat," sambungnya.
 
"Semua elemen teroris yang bertanggung jawab atas perencanaan dan eksekusi serangan ini akan mendapat hukuman setimpal," pungkas al-Maliki.
 
Pada Sabtu 22 Agustus, Koalisi Saudi menembak jatuh dua drone yang dilengkapi bom serta sebuah misil balistik milik Houthi. Al-Maliki mengatakan, serangan tersebut diluncurkan Houthi ke arah kota Jizan.
 
Juni tahun lalu, Houthi melancarkan serangan dengan menggunakan drone ke bandara di Jizan dan Abha di Arab Saudi bagian selatan. Houthi mengklaim rangkaian serangan drone itu ditujukan ke ruang kendali di bandara Jizan dan stasiun pengisian bahan bakar di bandara Abha.
 
Houthi telah beberapa kali menyerang bandara Abha sepanjang Juni 2019. Serangan misil Houthi di bandara tersebut sempat melukai 26 orang.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif