Pelaksanaan ibadah umrah di tengah pandemi covid-19. Foto: AFP.
Pelaksanaan ibadah umrah di tengah pandemi covid-19. Foto: AFP.

Visa Umrah Masih Diblok, Jemaah Indonesia Belum Bisa ke Arab Saudi

Internasional Ibadah Umrah Virus Korona arab saudi indonesia-arab saudi covid-19
Marcheilla Ariesta • 09 Agustus 2021 21:28
Jeddah: Visa umrah untuk jemaah Indonesia belum dikeluarkan pemerintah Arab Saudi. Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono menuturkan, ada sembilan negara termasuk Indonesia yang masih belum boleh terbang langsung ke Arab Saudi.
 
"Untuk umrah belum ada yang datang dari Indonesia, karena belum bisa mendaftar untuk visa Umrah," terang Eko kepada Medcom.id, Senin, 9 Agustus 2021.
 
"Di aplikasi visa umrah, untuk Indonesia (masih) diblok," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain Indonesia, India, Pakistan, Afrika Selatan, Argentina, Brasil, Mesir, dan Turki masih belum bisa masuk ke Arab Saudi. Hal ini dikarenakan kasus covid-19 di negara itu masih tinggi.
 
Arab Saudi sebelumnya mengumumkan telah memperbolehkan jemaah asing untuk ibadah umrah. Syaratnya, para jemaah harus sudah mendapatkan vaksin covid-19.
 
Baca juga: Jemaah Asing Boleh Umrah Mulai 9 Agustus Tapi Wajib Divaksinasi
 
Untuk negara dengan kasus covid-19 tinggi, jemaah umrah diwajibkan karantina selama 14 hari di negara ketiga sebelum masuk ke Arab Saudi. Eko menuturkan, jika visa umrah belum diberikan, tentu saja jemaah asal Indonesia tidak bisa melakukan ibadah di sana.
 
Ia menambahkan, belum ada kepastian visa umrah dikeluarkan. "Tapi tentunya semua bergantung pada apakah covid-19 sudah bisa ditangani dengan baik," ungkap dia.
 
Untuk pertama kalinya sejak sekitar satu setengah tahun, Arab Saudi menerima jemaah dari luar negeri untuk ibadah umrah. Kapasitas penerimaan jemaah akan meningkat dari 60 ribu menjadi dua juta per bulannya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif