Seorang petugas kesehatan di Uganda. Negara itu baru saja menyatakan bebas virus Ebola. Foto: AFP
Seorang petugas kesehatan di Uganda. Negara itu baru saja menyatakan bebas virus Ebola. Foto: AFP

Populer Internasional: Uganda Bebas Wabah Ebola hingga Jill Biden Operasi Angkat Sel Kanker

Fajar Nugraha • 12 Januari 2023 14:22
Mubende: Uganda mengumumkan berakhirnya wabah virus Ebola yang muncul hampir empat bulan lalu, pada Rabu, 11 Januari 2023. Wabah ini telah merenggut nyawa 55 orang.
 
Pengumuman dari Uganda menjadi berita terpopuler Internasional Medcom yang diikuti dengan kabar mengenai tentara bayaran Rusia berhasil Kota Soledar di Ukraina.
 
Kemudian diikuti dengan kabar mengenai Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden yang lakukan operasi pengangkatan sel kanker. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

1. Selamat! Uganda Umumkan Akhiri Wabah Ebola yang Mematikan

Uganda mengumumkan berakhirnya wabah virus Ebola yang muncul hampir empat bulan lalu, pada Rabu, 11 Januari 2023. Wabah ini telah merenggut nyawa 55 orang.
 
"Kami berhasil mengendalikan wabah Ebola di Uganda," kata Menteri Kesehatan Jane Ruth Aceng dalam sebuah upacara di distrik pusat Mubende, dilansir dari AFP.
 
Langkah itu dikonfirmasi dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa kiat Uganda mengatasi Ebola? Simak tautan ini.

2.Tentara Bayaran Rusia Klaim Berhasil Tundukkan Kota Soledar di Ukraina

Kepala kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin mengatakan, para pejuangnya telah menguasai kota Soledar di Ukraina, setelah pertempuran sengit minggu ini. Namun, beberapa "pertempuran" lain terus berlanjut.
 
"Unit Wagner telah menguasai seluruh wilayah Soledar," kata Prigozhin melalui layanan persnya di media sosial. Ia menambahkan bahwa terjadi pertempuran di pusat kota.
 
Dilansir dari AFP, Rabu, 11 Januari 2023, tingkat kendali Wagner atas kota itu tidak jelas. Pengusaha yang terkait dengan Kremlin itu mengatakan, jumlah tawanan akan diumumkan hari ini.
 
Apakah klaim dari Wagner itu benar? Selanjutnya di sini.

3. Ibu Negara AS Jill Biden Jalani Operasi Pengangkatan Dua Sel Kanker

Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Jill Biden menjalani operasi pada Rabu 11 Januari 2023 untuk menghilangkan lesi kulit atau sel kanker di atas mata kanannya. Operasi juga dilakukan pada sisi kiri dadanya, dan semua jaringan kanker berhasil diangkat.
 
Ibu negara berusia 71 tahun, didampingi oleh Presiden Joe Biden, menghabiskan lebih dari tujuh jam di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed untuk prosedur rawat jalan, dan mereka diharapkan kembali ke Gedung Putih di kemudian hari.
 
Dokter Gedung Putih Kevin O'Connor mengatakan, prosedur pada lesi di atas matanya "mengonfirmasi bahwa lesi kecil itu adalah karsinoma sel basal".
 
Seberapa berbahaya sel kanker itu? Simak tautan ini.
 

 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif