Warga Turki gunakan masker saat melakukan kegiatan luar ruangan. Foto: AFP
Warga Turki gunakan masker saat melakukan kegiatan luar ruangan. Foto: AFP

Turki Bantah Larang WNI Masuk ke Wilayahnya

Internasional Virus Korona wni indonesia-turki
Marcheilla Ariesta • 10 September 2020 20:55
Jakarta: Ramai diberitakan warga negara Indonesia (WNI) dilarang masuk ke berbagai negara karena virus korona (covid-19), termasuk ke Turki. Namun, pihak Kedutaan Turki di Jakarta membantah hal tersebut.
 
"Mengejutkan untuk Turki karena disebut sebagai negara yang melarang masuknya warga ngara Indonesia ke wilayah teritori mereka," kata Kedutaan Turki dalam sebuah pernyataan yang diterima Medcom.id, Kamis, 10 September 2020.
 
"Berita tersebut tidak akurat dan hingga saat ini tidak ada larangan untuk warga negara Indonesia masuk ke Turki," imbuh mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Kedubes Turki, WNI bisa dengan bebas mengunjungi negara tersebut asalkan mereka memiliki visa.
 
"Untuk mereka yang ingin mengunjungi Turki, secara mudah dapat mengajukan visa secara online ke situs pemerintahwww.evisa.gov.tr," ujar Kedubes Turki.
 
Beberapa negara memang diketahui melarang WNI masuk sejak awal pandemi covid-19. Sebenarnya, larangan itu juga berlaku bagi warga negara asing lainnya.
 
Namun, berita tersebut kembali ramai setelah Malaysia mengumumkan bahwa negara dengan kasus infeksi covid-19 lebih dari 150 ribu tidak bisa masuk ke wilayah mereka. Larangan ini berlaku bagi 23 negara lainnya, dan mulai efektif per 7 September lalu.
 
Indonesia pun juga masih melarang warga negara asing yang melakukan perjalanan non-esensial untuk masuk ke Tanah Air. Larangan tersebut berlaku mulai dari 31 Maret 2020 hingga saat ini.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif