Warga di Mozambik melihat kehancuran akibat Topan Gombe. Foto: AFP
Warga di Mozambik melihat kehancuran akibat Topan Gombe. Foto: AFP

Topan Hantam Mozambik, 53 Orang Tewas

Fajar Nugraha • 17 Maret 2022 17:30
Nampula: Topan yang melanda Mozambik utara pekan lalu telah menewaskan 53 orang. Topan juga menyebabkan sebagian wilayah di negara yang berada di Samudera Hindia ini.
 
“Korban resmi terakhir adalah 22, tetapi 31 mayat lagi telah ditemukan di Distrik Mossuril setelah Topan Gombe,” kata pihak berwenang Provinsi Nampula Rabu malam, seperti dikutip AFP, Kamis 17 Maret 2022.
 
Daerah di pantai Samudera Hindia sebagian besar tidak dapat diakses sekarang karena jaringan jalan telah terganggu oleh pohon-pohon yang ditebang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Situasinya dramatis. Jumlah kematian mungkin lebih tinggi, karena kami melanjutkan operasi penyelamatan di distrik-distrik yang paling terkena dampak," kata Mety Gondola, seorang pejabat senior Nampula, yang tiba di daerah itu pada Rabu dengan kapal.
 
Puluhan ribu orang terkena dampak topan di Nampula, provinsi terpadat di Mozambik. Topan melanda pada 11 Maret dan dengan cepat kehilangan kekuatan, menyelamatkan negara dari kerusakan yang lebih buruk.
 
Sekitar 80 badai tropis atau siklon terbentuk di atas perairan tropis di seluruh dunia setiap tahun. Musim topan di Afrika bagian selatan berlangsung dari November hingga April.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif