Deretan kuliner khas Iran saat Ramadan. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom
Deretan kuliner khas Iran saat Ramadan. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom

Tradisi Ramadan Iran: Festival Kuliner Hingga Pameran Al-Quran

Internasional ramadan alquran Iran
Marcheilla Ariesta • 27 April 2022 09:38
Jakarta: Perayaan Ramadan warga Iran dipenuhi beragam tradisi menarik. Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Iran di Indonesia, Ibrahim menuturkan, Ramadan menjadi momentum warga Iran mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik.
 
Di Iran, bulan suci Ramadan dimulai dengan mekanisme Ruqyat. Mereka melihat hilal bulan untuk menentukan 1 Ramadan dimulai.
 
"Di Iran juga dilakukan persiapan belanja komoditas, dan halal bihalal sebelum Ramadan dimulai. Biasanya kami juga mengunjungi orang tua dan mempersiapkan diri serta mental untuk menjalani Ramadan," tutur Ibrahim dalam kegiatan Buka Puasa Bersama Kedubes Iran di Jakarta, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, sebelum Ramadan, biasanya warga Iran melakukan tradisi bersih-bersih makam para ulama atau tokoh yang diagungkan. Mereka juga membersihkan masjid agar ibadah di sana dapat lebih khusyuk.
 
Saat Ramadan berlangsung, berbagai kegiatan unik dilakukan warga. Pada 1 hingga 25 Ramadan, diselenggarakan Pameran Al-Quran di Iran.
 
Pameran diikuti oleh berbagai negara Islam dengan tema utama Al-Quran. Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Al-Quran, seperti seminar Al-Quran, belajar membaca Al-Quran dan pendidikan ilmu Al-Quran untuk anak digelar.
 
Biasanya, pameran ini dikunjungi masyarakat Iran mulai dari iftar (berbuka puasa) hingga sahur.
 
Ada pula perayaan puasa pertama bagi anak-anak yang berhasil menjalankan ibadah tersebut hingga berbuka. Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak semakin semangat menjalani puasa mereka.
 
"Seperti di negara lain, ada pula festival kuliner yang digelar di Iran. Banyak jenis makanan khusus Ramadan dijual saat festival ini," pungkas Ibrahim.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif