Situasi di area Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, 22 Juli 2021. (AFP)
Situasi di area Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, 22 Juli 2021. (AFP)

Akhirnya, Arab Saudi Izinkan Masjidil Haram Beroperasi dalam Kapasitas Penuh

Internasional Ibadah Umrah arab saudi social distancing pandemi covid-19 Vaksinasi covid-19 Masjidil Haram
Willy Haryono • 17 Oktober 2021 16:38
Makkah: Masjidil Haram di kota Makkah, Arab Saudi, akhirnya beroperasi dalam kapasitas penuh mulai hari ini, Minggu, 17 Oktober 2021. Para jemaah akhirnya dapat menunaikan ibadah salat secara berdampingan seperti biasa setelah sempat dibatasi ketat sejak kemunculan pandemi Covid-19.
 
Menurut laporan Saudi Press Agency (SPA), keputusan menjalankan kapasitas penuh di Masjidil Haram telah mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.
 
"Perkumpulan akan diperbolehkan, dan beberapa kewajiban memakai masker bagi mereka yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 akan dicabut," ujar Kemendagri Arab Saudi, dilansir dari laman Al Arabiya News.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memakai masker di ruang terbuka tidak lagi diwajibkan bagi orang yang sudah divaksinasi penuh. Namun masker harus tetap dipakai di dalam ruangan atau area yang tidak dimonitor oleh aplikasi Tawakkalna," lanjut pihak kementerian.
 
Aturan menjaga jarak sosial juga akan dicabut. Tempat-tempat publik, moda transportasi, restoran, bioskop, dan lokasi lain yang terpantau oleh aplikasi Tawakkalna akan diperbolehkan beroperasi secara penuh bagi mereka yang sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Stiker Social Distancing Dicabut

Para pekerja terlihat mencabut stiker aturan menjaga jarak sosial (social distancing) di area dalam dan sekitar Masjidil Haram. Serangkaian foto dan video di media Arab Saudi memperlihatkan orang-orang menunaikan salat secara berdampingan seperti sebelum masa pandemi.
 
Walau aturan social distancing ini dicabut, otoritas Arab Saudi menegaskan semua yang masuk ke Masjidil Haram harus sudah divaksinasi penuh dan wajib memakai masker saat berada di area masjid.
 
Agustus lalu, Arab Saudi mengumumkan rencana menerima jemaah asing yang hendak menunaikan ibadah umrah. Namun syaratnya, jemaah tersebut -- termasuk dari Indonesia -- harus sudah divaksinasi penuh.
 
Baca:  Akhirnya, Arab Saudi Izinkan Kembali Umrah untuk Jemaah Indonesia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif