Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid. (JOHN THYS / AFP)
Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid. (JOHN THYS / AFP)

Israel Salahkan Iran atas Serangan terhadap Tanker di Oman

Internasional Kapal Tanker Iran Israel Oman
Willy Haryono • 31 Juli 2021 21:00
Tel Aviv: Israel menuduh Iran berada di balik serangan yang mengenai sebuah kapal tanker di lepas pantai Oman. Serangan tersebut menewaskan dua orang, yakni warga nasional Inggris dan Romania.
 
Kapal tanker MV Mercer Street, dioperasikan perusahaan Zodiac Maritime yang berbasis di London, diserang saat berada di lepas pantai Oman pada Kamis kemarin. MV Mercer Street juga terkait dengan seorang pengusaha asal Israel, Eyal Ofer.
 
Zodiac Maritime masih berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, namun Israel menyalahkan "terorisme Iran" sebagai dalang di balik semua itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iran bukan hanya masalah Israel, tapi dunia. Dunia tidak boleh diam saja," tutur Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, dilansir dari laman BBC, Sabtu, 31 Juli 2021.
 
Dua kematian kru MV Mercer Street menandai eskalasi signifikan risiko kapal-kapal dagang yang melintasi perairan Oman. Dalam beberapa bulan terakhir, terjadi serangkaian serangan terhadap kapal dagang yang diduga terkait dengan perseteruan antara Israel dan Iran.
 
Baca:  Serangan terhadap Tanker di Perairan Oman Tewaskan 2 Orang
 
Tiga orang terkait insiden di perairan Oman meyakini serangan yang mengenai Mercer Street berasal dari sebuah drone. Namun ketiganya menekankan masih menanti konfirmasi resmi dari otoritas terkait.
 
Seorang pejabat dari Amerika Serikat mengatakan kepada Financial Times bahwa kapal Mercer Street kemungkinan telah diserang oleh sebuah drone berbahan peledak. Drone tipe UAV semacam itu dirancang untuk menabrak sasaran dengan bahan peledak.
 
Ia menyebut ada "beberapa indikasi" bahwa drone tersebut berasal dari Iran.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif