Pasukan keamanan Israel berpatroli di kota Nablus, Tepi Barat, 2 Desember 2022. (AFP)
Pasukan keamanan Israel berpatroli di kota Nablus, Tepi Barat, 2 Desember 2022. (AFP)

Pemuda Palestina Ditembak Mati dalam Perkelahian dengan Polisi Israel

Willy Haryono • 03 Desember 2022 18:31
Tepi Barat: Seorang polisi perbatasan Israel menembak mati pemuda Palestina di Tepi Barat pada Jumat, 2 Desember, setelah mereka berdua berkelahi memperebutkan sebuah senjata. Insiden perkelahian dan penembakan ini terekam dalam sebuah video yang dibagikan secara luas di dunia maya.
 
Penembakan berujung kematian di kota Huwara itu memicu bentrokan antara penduduk Palestina dan polisi Israel. Bentrokan melukai seorang warga Palestina dan membuat puluhan lainnya menderita sesak napas akibat menghirup gas air mata, lapor kantor berita Wafa Palestina.
 
Ketegangan Israel-Palestina yang meningkat telah menjadikan 2022 sebagai tahun paling mematikan dalam konflik berkepanjangan antar kedua kubu sejak 2006. Eskalasi lebih lanjut dikhawatirkan akan terjadi, karena pemerintahan sayap kanan Israel siap diresmikan dalam beberapa hari atau pekan mendatang di bawah pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari The National News, Sabtu, 3 Desember 2022, Kepolisian Israel mengatakan bahwa seorang pemuda Palestina yang membawa pisau mencoba masuk ke sebuah mobil warga Israel di jalanan sibuk kota Huwara.
 
Pengemudi mobil tersebut, yang merupakan seorang tentara Israel yang sedang libur, menembak dan melukai pria itu. Dalam kondisi terluka, pemuda Palestina itu mendekati sekelompok polisi perbatasan Israel dan menikam salah satu dari mereka di bagian wajah.
 
Rekaman video amatir menunjukkan komandan unit mencekik pemuda itu, dan dua orang Palestina lainnya terlihat mencoba menariknya dari perkelahian. Video tersebut juga memperlihatkan pemuda Palestina tersebut mengambil senapan serbu polisi, yang kemudian jatuh ke tanah tanpa sempat digunakan.
 
Polisi Israel kemudian mengeluarkan pistol dari sarungnya dan melepaskan empat tembakan. Pemuda Palestina itu jatuh ke tanah dan dinyatakan meninggal dunia.
 
Kantor berita Wafa melaporkan bahwa pasukan Israel mencegah warga dan ambulans dalam membantu pemuda itu, yang diidentifikasi sebagai Ammar Mefleh, 22, dari desa Osrin di selatan Nablus.
 
Lebih dari 140 warga Palestina tewas dalam pertempuran Israel-Palestina tahun ini. Tentara Israel mengatakan sebagian besar warga Palestina yang tewas adalah militan. Tapi para pemuda pelempar batu yang biasanya memprotes serbuan tentara Israel dan serta individu lain yang sama sekali tidak terlibat dalam konfrontasi juga tewas dibunuh dalam beberapa peristiwa.
 
Baca:  Dua Pejuang Palestina Ditembak Mati Tentara Israel
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif