Warga Sudan beraktivitas di tengah banjir. (AFP)
Warga Sudan beraktivitas di tengah banjir. (AFP)

Banjir akibat Hujan Deras di Sudan Tewaskan 112 Orang

Willy Haryono • 05 September 2022 06:40
Khartoum: Lebih dari 100 orang tewas dan puluhan ribu rumah hancur akibat bencana banjir yang melanda Sudan sejak musim hujan di negara tersebut dimulai pada Mei lalu. Hujan deras turun di Sudan antara Mei dan Oktober, dan banjir pun biasanya hampir selalu terjadi dalam periode tersebut.
 
Bulan lalu, Sudan mendeklarasikan status darurat akibat bencana banjir di enam negara bagian.
 
"Jumlah korban tewas banjir dan hujan deras sudah mencapai 112," kata Abdel Jalil Abdelraheem, juru bicara Dewan Pertahanan Sipil Nasional, dikutip dari Al Arabiya, Minggu, 4 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Otoritas Sudan pada akhir Agustus lalu telah melaporkan total 79 korban tewas akibat banjir di musim hujan tahun ini.
 
"Total 34.944 rumah hancur sepenuhnya, sementara 49.060 rusak sebagian," tutur Abdelraheem kepada AFP, menambahkan bahwa sekitar 115 orang juga terluka akibat banjir.
 
Krisis ini terjadi di saat Sudan masih berusaha bangkit dari kekacauan politik dan krisis ekonomi yang diperparah kudeta militer pimpinan kepala angkatan bersenjata Abdel Fattah al-Burhan.
 
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengutip data pemerintah, mengatakan pekan lalu bahwa banjir di Sudan telah berdampak kepada sekitar 226.000 orang.
 
Negara bagian Gedaref dan Kassla, Kordofan Utara dan Selatan, Rivel Nile, dan Darfur, merupakan area-area yang terkena dampak terparah banjir di Sudan, menurut data dari UNICEF.
 
PBB memperingatkan bahwa banjir di Sudan tahun ini dapat berdampak kepada 460.000 orang, jauh lebih tinggi dari rata-rata korban di negara tersebut antara tahun 2017 dan 2021.
 
Baca:  84 Orang Tewas dalam Bencana Banjir Melanda Sudan

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif