Pasukan Israel kerap melakukan kekerasan terhadap warga Palestina. Foto: AFP
Pasukan Israel kerap melakukan kekerasan terhadap warga Palestina. Foto: AFP

Israel Tembak Jatuh Roket dari Gaza

Internasional Palestina israel palestina Israel Masjid Al-Aqsa
Marcheilla Ariesta • 19 April 2022 10:00
Gaza: Israel menembak jatuh sebuah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza pada Senin, 18 April. Ini merupakan serangan pertama dalam beberapa bulan setelah ketegangan di kompleks Masjid Al-Aqsa memicu retorika pro-Palestina dari Yordania dan upaya mediasi Amerika Serikat (AS).
 
Tidak ada faksi Gaza yang mengaku bertanggung jawab atas peluncuran tersebut, yang menyusul peringatan oleh kelompok pejuang Hamas yang dominan tentang pembalasan atas perilaku Israel di sekitar kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem.
 
"Dalam beberapa jam, serangan udara Israel menghantam kamp-kamp yang digunakan oleh Hamas dan faksi Gaza lainnya," kata sumber di Palestina, dilansir dari US News, Selasa, 19 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Militer mengatakan satu target adalah lokasi pembuatan senjata. Tidak ada yang terluka dari serangan tersebut.
 
Sejak Jumat, Kompleks Al-Aqsa menyaksikan konfrontasi antara pelempar batu Palestina dan polisi anti huru hara Israel. Kekerasan serupa yang mengobarkan perang Gaza satu tahun lalu.
 
Warga Palestina menuduh Israel melanggar batas di Masjid Al-Aqsa selama bulan suci Ramadan. Israel mengatakan, pengunjuk rasa Palestina berusaha mengganggu doa Muslim untuk tujuan politik dan untuk mencegah kunjungan orang Yahudi, yang merayakan Paskah.
 
Ketegangan memperumit hubungan keamanan Israel dengan Yordania, yang merupakan penjaga Masjid Al-Aqsa dan memiliki mayoritas Palestina.
 
Raja Yordania Abdullah mengatakan kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres bahwa kebijakan Al Aqsa Israel 'sangat merusak' peluang perdamaian dengan Palestina. Yordania juga memanggil pejabat duta besar Israel untuk menegur mereka.
 
"Saya harus memuji, mereka melemparkan batu mereka ke semua Zionis yang menodai masjid Al Aqsa dengan perlindungan pemerintah pendudukan Israel," kata Perdana Menteri Yordania Bisher al-Khasawneh meningkatkan ketegangan di sana.
 
Beberapa penumpang terluka ketika bus Israel yang mereka tumpangi ke Kota Tua Yerusalem dilempari batu oleh warga Palestina. Polisi mengatakan, pengunjuk rasa Al Aqsa telah menimbun batu untuk serangan terhadap pengunjung dan polisi Yahudi.
 
Setidaknya 152 warga Palestina dan delapan polisi terluka di sekitar Al Aqsa selama konfrontasi hari Jumat lalu itu.
 
"Saya melihat dengan berat pernyataan yang menyalahkan Israel atas kekerasan yang kami alami. Beberapa mendorong lemparan batu," tutur Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.
 
"Ini menjadi hadiah bagi para penghasut, Hamas yang paling utama, yang mencoba memicu kekerasan di Yerusalem," sambung dia.
 
Di Washington, Kementerian Luar Negeri mengatakan, para pejabat AS terlibat dalam panggilan telepon dengan perwakilan Israel, Palestina dan Arab selama akhir pekan dalam upaya untuk mencegah eskalasi ketegangan Yerusalem.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif