ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)

3 Orang Tewas dalam Gempa Bumi Magnitudo 6,1 di Iran

Willy Haryono • 02 Juli 2022 08:22
Teheran: Setidaknya tiga orang tewas terkena dampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 di Iran selatan pada Sabtu, 2 Juli 2022. "Sayangnya, ada tiga kematian dan delapan korban luka," kata Mehrdad Hassanzadeh, kepala manajemen darurat provinsi Hormozgan, dikutip dari The New Arab.
 
Media lokal Iran mencatat kekuatan gempa berada di magnitudo 6,1. Sementara Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) melaporkan kekuatan guncangan terbaru di Iran mencapai magnitudo 6,0.
 
EMSC juga mencatat bahwa kedalaman gempa mencapai 10 kilometer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selang beberapa waktu, gempa susulan berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang area dekat Bandar-e Lengeh di provinsi Hormozgan, menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS.
 
Negara Iran terletak di patahan utama lempeng Bumi, sehingga rentan dilanda gempa bumi pada setiap harinya.
 
Tahun lalu di bulan April, gempa bumi magnitudo 5,9 mengguncang Bushehr, salah satu provinsi di Iran tempat berdirinya sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir.
 
Baca:  Gempa Landa Iran Tak Jauh dari Pembangkit Listrik Nuklir
 
Pada 2017, gempa bumi dahsyat dengan kekuatan magnitudo 7,3 melanda area perbatasan Irak dan Iran. Total kematian dalam musibah tersebut mencapai 630, dengan 8.100 lainnya terluka dan 70 ribu lebih kehilangan tempat tinggal.
 
Gempa tersebut merupakan guncangan terkuat dan paling mematikan sepanjang 2017.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif