Kota Erbil, Irak dihadapkan serangan pada kilang minyak. Foto: Israel National News
Kota Erbil, Irak dihadapkan serangan pada kilang minyak. Foto: Israel National News

Rudal Serang Kilang Minyak di Irak, Tanki Utama Terbakar

Internasional kilang minyak Irak Rudal
Fajar Nugraha • 02 Mei 2022 10:31
Erbil: Serangan rudal menargetkan kilang minyak di kota Erbil, Irak. Insiden itu menyebabkan kebakaran di salah satu tangki utamanya.
 
“Sebuah serangan rudal menargetkan kilang minyak di kota utara Irak, Erbil pada Minggu, menyebabkan kebakaran di salah satu tank utamanya yang kemudian dikendalikan,” kata pasukan keamanan Irak, seperti dikutip The National, Senin 2 Mei 2022.
 
“Sebuah rudal juga mendarat di pagar luar kilang tanpa menimbulkan korban,” pasukan menambahkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya pada Minggu, otoritas antiterorisme di wilayah Kurdistan mengatakan enam rudal mendarat di dekat kilang KAR di Erbil. Rudal itu diluncurkan dari Provinsi Nineveh.
 
Pasukan keamanan mengatakan mereka menemukan landasan peluncuran dan empat rudal di Dataran Niniwe setelah serangan itu dan menjinakkan mereka.
 
Pada Maret, beberapa roket ditembakkan ke arah Erbil. Sky News Arabia melaporkan bahwa roket tersebut menargetkan konsulat AS di Erbil. Satu orang dilaporkan terluka dalam serangan itu.
 
Media Arab Saudi Al-Hadath melaporkan bahwa rudal diluncurkan dari Iran dan sebagai pembalasan atas pembunuhan dua petugas dari Pengawal Revolusi dalam serangan udara di Suriah minggu ini yang dikaitkan dengan Israel.
 
Erbil, ibu kota wilayah Kurdi, telah berulang kali menjadi sasaran serangan.
 
Juli lalu, sebuah pesawat tak berawak menyerang bandara Erbil dengan bahan peledak, dilaporkan menargetkan pangkalan AS di lapangan bandara. Tidak ada laporan kerusakan struktural, cedera atau korban jiwa.
 
Dalam serangan serupa April lalu, para pejabat Kurdi mengatakan bahwa sebuah pesawat tak berawak menargetkan bandara Erbil. Meskipun tidak ada korban yang dilaporkan dalam serangan itu, sebuah bangunan rusak.
 
Serangan roket secara teratur menargetkan pangkalan Irak serta Zona Hijau yang dibentengi di Baghdad, tempat kedutaan AS berada, sejak AS menyingkirkan Jenderal Iran Qassem Soleimani pada Januari 2020.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif