Remaja Palestina membawa benderanya di tengah bentrokan di perbatasan Gaza. Foto: AFP.
Remaja Palestina membawa benderanya di tengah bentrokan di perbatasan Gaza. Foto: AFP.

Sampai Detik Ini Indonesia Tak Berniat Buka Hubungan dengan Israel

Marcheilla Ariesta • 21 Juni 2021 19:57
Jakarta: Indonesia tidak berniat untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Hal ini dikarenakan perjuangan Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan masih cukup panjang dan berat.
 
Israel telah melakukan penjajahan di tanah Palestina. Warga mereka bermukim di wilayah Palestina dan mengambil alih tempat tersebut.
 
Indonesia yang dalam UUD 1945 telah menegaskan bahwa semua negara harus merdeka, terus mendukung Palestina untuk mendapatkan wilayah mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira sampai detik ini tidak ada terpikir sedikitpun untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, karena kita lihat sejauh ini masih cukup berat perjuangan Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya," ucap Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Hendraning Kobarsyih, dalam sebuah diskusi daring, Senin, 21 Juni 2021.
 
Ia menambahkan, bahkan saat ini intimidasi dan tekanan untuk Palestina semakin kuat. Israel, tutur Bagus, tidak menepati janji mereka untuk melakukan gencatan senjata yang disepakati usai pertempuran 11 hari di Gaza bulan lalu.
 
"Jadi, saya kira sampai detik ini, tidak ada sedikit pun niat pemerintah untuk membuka hubungan atau melakukan komunikasi dengan pemerintah Israel," tegasnya.
 
Baca juga: Kedua Kalinya Sejak Gencatan Senjata, Israel Serang Gaza
 
Indonesia sudah melakukan banyak hal untuk mendukung Palestina. Bagus menuturkan, sebisa mungkin isu Palestina dibawa dalam pertemuan multilateral.
 
"Masalah ini (Palestina-Israel) hanya dapat diselesaikan dengan melibatkan negara lain yang memiliki peran dan kepentingan kuat, seperti Mesir, Yordania, dan Maroko, negara yang juga banyak komunitas Yahudi," ungkapnya.
 
Kemerdekaan Palestina berada di jantung politik luar negeri Israel. Hal ini menjadi dasar dukungan Indonesia untuk Palestina.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif