Foto dari rekaman video memperlihatkan warga berkumpul di lokasi jatuhnya pesawat Saudi di provinsi Jawf, Yaman, 15 Februari 2020. (Foto: AFP/HO/STR)
Foto dari rekaman video memperlihatkan warga berkumpul di lokasi jatuhnya pesawat Saudi di provinsi Jawf, Yaman, 15 Februari 2020. (Foto: AFP/HO/STR)

Houthi Rebut Ibu Kota Provinsi Utara Yaman

Internasional konflik yaman
Arpan Rahman • 02 Maret 2020 15:02
Sanaa: Pemberontak Houhti telah merebut sebuah kota strategis di provinsi utara Yaman. Ini merupakan pukulan telak lanjutan terhadap pemerintahan resmi Yaman yang diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa dan didukung koalisi Arab Saudi.
 
Menurut keterangan dua pejabat Yaman, dinukil dari Al Jazeera, Senin 2 Maret 2020, kota Hazm di provinsi Jawf telah jatuh ke tangan Houthi. Sementara seorang petinggi Houthi mengaku telah mengusir semua pasukan pemerintah dari kota tersebut.
 
Jatuhnya kota Hazm dapat membuka jalan bagi Houthi untuk mendekati provinsi Marib. Provinsi tersebut merupakan satu-satunya zona aman bagi kelompok Yaman yang menentang sepak terjang Houthi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Provinsi Jawf merupakan lokasi jatuhnya pesawat jet tempur milik koalisi Saudi bulan lalu. Kala itu, pesawat koalisi jatuh ditembak sistem pertahanan udara yang dioperasikan Houthi.
 
Beberapa bulan lalu, Houthi telah merebut sebuah lokasi yang menghubungkan Marib dengan Jawf, provinsi kaya minyak bumi yang berbatasan dengan Saudi.
 
Utusan Khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, mengecam keras "peningkatan kekerasan" di Jawf. "Mereka yang ingin memanfaatkan situasi di Jawf telah merusak prospek perdamaian yang sangat didambakan masyarakat Yaman," tegas Griffiths.
 
Perang sipil di Yaman telah berkecamuk sejak 2014. Satu tahun berikutnya, koalisi pimpinan Saudi mulai mengintervensi dan membantu Pemerintah Yaman dalam menghadapi Houthi.
 
Konflik berkepanjangan di Yaman telah menewaskan ratusan orang, dan disebut PBB telah memicu krisis kemanusiaan terburuk di era modern.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif