Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf, di sela-sela pembukaan Paviliun Indonesia menyatakan bahwa dengan adanya peningkatan ekspor Indonesia ke Mesir pada 2021 yang mencapai USD1,653 miliar (setara Rp23,70 triliun), atau naik 56.68 persen dibanding 2020 sebesar USD1,055 miliar (setara Rp15,12 triliun), Indonesia akan terus melakukan lebih banyak lagi promosi, termasuk keikutsertaan pada Cairo Supermarket Expo.
Penetrasi pasar baru sekaligus penguatan citra merek produk Indonesia menjadi dua target yang ingin dicapai dalam partisipasi Indonesia di ajang pameran Supermarket Expo yang setiap tahunnya diselenggarakan sebelum Bulan Ramadan.
"Melalui partisipasi Indonesia pada pameran ini diharapkan semakin banyak ragam produk makanan dan minuman berkualitas dari Indonesia merambah pasar Mesir. Keragaman produk ini untuk mendorong peningkatan nilai ekspor produk Indonesia ke Mesir," ungkap Dubes Lutfi Rauf, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, 28 Maret 2022.
Atase Perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi Purwanto Moefthi, menambahkan bahwa produk Indonesia yang dipamerkan dalam Supermarket Expo ini di antaranya kopi robusta dan kopi arabica, biskuit, permen dan kopi bubuk instan, tepung terigu, pupuk organik, minuman air kelapa, suplemen kesehatan, kerajinan tangan NTB dan Cirebon, termasuk produksi jasa pelayaran kargo.
Irman menjelaskan bahwa di hari pertama Pameran Supermarket Expo, Indonesia telah membukukan potensi transaksi untuk pupuk organik teknologi nano Paten, produk kopi dan makanan ringan, sebesar USD670 ribu atau setara Rp9,62 miliar (kurs 1 USD = Rp14,361).
Paviliun Indonesia dengan luas 40 meter persegi ini juga mempromosikan produk strategis Indonesia, keindahan alam dan obyek wisata, serta promosi program "Spice up the World."
Baca: KBRI Kairo Kembali Resmikan Kedai Kopi Indonesia di Mesir
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News