Seorang warga Palestina mengibarkan bendera saat protes terhadap Israel. Foto: AFP
Seorang warga Palestina mengibarkan bendera saat protes terhadap Israel. Foto: AFP

Gallup: Mayoritas Warga Amerika Dukung Negara Palestina Merdeka

Internasional palestina palestina merdeka
Arpan Rahman • 23 April 2020 19:07
Washington: Kali pertama dalam delapan tahun, mayoritas orang Amerika Serikat mendukung negara Palestina merdeka. Hasil ini didapatkan menurut jajak pendapat Gallup yang dirilis Rabu.
 
Survei menemukan bahwa 55 persen warga Amerika mendukung negara merdeka di Tepi Barat dan Jalur Gaza, sementara 34 persen tidak. Sepuluh persen tidak memiliki pendapat tentang masalah ini, angka terendah dalam kategori itu sejak Gallup mulai mengajukan pertanyaan pada 1999.
 
Disitat dari UPI, Kamis, 23 April 2020, dukungan untuk Palestina yang merdeka tumbuh selama beberapa tahun terakhir setelah mencapai 51 persen pada 2012 dan menurun menjadi kurang dari 45 persen pada pertengahan dekade. Lima puluh persen orang Amerika mendukung pada 2019, sementara 39 persen tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orang Amerika menunjukkan dukungan tertinggi mereka dalam jajak pendapat tahun 2003 sebesar 58 persen dan dukungan terendah pada tahun 2000 yaitu 40 persen.
 
Peningkatan dukungan terbesar dibandingkan dengan 2019 berasal dari mereka yang berusia 55 tahun ke atas (14 persen), Partai Republik (11 persen), mereka yang lulus perguruan tinggi (11 persen), dan mereka yang menganggap diri mereka moderat (10 persen).
 
Demokrat lebih mungkin mendukung negara merdeka (70 persen) daripada Republik (44 persen), dan Independen (57 persen).
 
Namun, semua orang Amerika lebih cenderung bersimpati dengan orang Israel daripada dengan orang Palestina dalam konflik Timur Tengah. Enam puluh persen orang Amerika mendukung Israel, 23 persen Palestina, dan 17 persen mendukung keduanya, tidak ada atau tidak yakin. Dukungan untuk Israel dan Palestina sama-sama menunjukkan peningkatan pada 2020 dibandingkan 2019.
 
Tujuh puluh empat persen orang Amerika memandang Israel lebih baik dan 23 persen memandang Otoritas Palestina dengan baik, masing-masing naik dari 69 persen dan 21 persen, pada 2019.
 
Gallup mensurvei 1.028 orang dewasa Amerika dari 3-16 Februari untuk jajak pendapat, yang memiliki margin kesalahan 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif