Beberapa pesawat terparkir di Bandara Internasional Khartoum di Sudan pada 31 Maret 2019. (ASHRAF SHAZLY/AFP)
Beberapa pesawat terparkir di Bandara Internasional Khartoum di Sudan pada 31 Maret 2019. (ASHRAF SHAZLY/AFP)

'Dibajak' Kucing, Pesawat Mendarat Darurat di Bandara Sudan

Willy Haryono • 01 Maret 2021 12:08
Khartoum: Sebuah pesawat berputar balik ke sebuah bandara di Khartoum, Sudan, usai seekor kucing menyerang pilot di area kokpit tak lama usai lepas landas. Pesawat yang mendarat darurat berasal dari maskapai Sudanese Tarco, dengan tujuan penerbangan kota Doha, Qatar.
 
Setelah lepas landas dari Bandara Internasional Khartoum, pesawat sempat mengudara selama 30 menit sebelum terjadinya peristiwa tak biasa di dalam kokpit.
 
Pilot terkejut saat melihat seekor kucing di dalam kokpit. Kucing itu bertindak agresif dan menyerang sang pilot. Setelah semua upaya untuk menahan pergerakan kucing tersebut berakhir gagal, pilot memutuskan untuk memutar pesawat ke bandara Khartoum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan kantor berita Al-Sudani, dilansir dari laman RT pada Senin, 1 Maret 2021, pesawat tersebut sempat terparkir selama satu malam di sebuah hangar di Bandara Internasional Khartoum. Diduga kuat kucing itu masuk ke dalam kokpit saat para staf melakukan perawatan rutin sebelum penerbangan.
 
Ini bukan kali pertama "pembajakan" sejenis terjadi. Pada 2004, sebuah pesawat milik maskapai Belgia dengan 62 orang di dalamnya terpaksa berputar balik ke Brussels karena seekor kucing bernama Gin mengamuk di dalam kokpit.
 
Gin masuk ke dalam kokpit saat pramugari menghidangkan makanan ke para penumpang. Kucing itu bertindak "sangat agresif dan mencakar kopilot," sehingga pilot pun memutuskan untuk kembali ke Brussels.
 
Di tahun yang sama, serangan kucing juga terjadi di dalam sebuah pesawat dari maskapai Bangladesh. Pilot pesawat tersebut menerima pertolongan pertama usai diserang kucing, dan memutuskan untuk menyelesaikan penerbangan hingga ke kota Dhaka.
 
Pada 2013, sebuah pesawat Kargo dari Riyadh ke Hong Kong dibatalkan di menit-menit akhir setelah kemunculan seekor kucing yang menyerang pilot. Kucing itu mulai menyerang saat sang pilot menyalakan mesin pesawat.
 
Media lokal melaporkan bahwa kucing tersebut tidak pernah ditemukan usai kejadian.
 
Baca:  Staf Kebun Binatang Spanyol Tewas usai Dihantam Belalai Gajah
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif