Menlu AS Antony Blinken telepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas dorong reformasi di Palestina. Foto: AFP
Menlu AS Antony Blinken telepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas dorong reformasi di Palestina. Foto: AFP

Menlu AS Telepon Mahmoud Abbas, Dorong Reformasi Palestina

Fajar Nugraha • 01 Februari 2022 12:08
Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony J. Blinken berbicara dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada 31 Januari 2022 waktu setempat. Mereka membahas pentingnya memperkuat hubungan AS dengan Otoritas Palestina dan rakyat Palestina, serta kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup warga Palestina dengan cara yang nyata.
 
“Ada tantangan yang dihadapi Otoritas Palestina dan perlunya reformasi,” ujar Menlu Blinken dalam keterangan tertulis Kemenlu AS yang diterima Medcom.id, Selasa 1 Februari 2022.
 
“Amerika Serikat menegaskan kembali bahwa rakyat Israel dan Palestina sama-sama berhak untuk hidup aman dan terlindungi, dan menikmati ukuran keamanan, kebebasan serta kemakmuran yang setara. Termasuk juga menegaskan kembali komitmen pemerintah AS terhadap solusi dua negara,” imbuh pernyataan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Presiden Abbas mengatakan kepada Blinken tentang pentingnya mengakhiri pendudukan Israel atas tanah Negara Palestina, sambil menandai daftar keluhan lain terhadap negara Yahudi.
 
“Saat ini penting untuk mengakhiri pendudukan Israel atas tanah Negara Palestina,” tegas Abbas, sambil menandai daftar keluhan lain terhadap negara Yahudi.
 
Setelah melakukan pembicaraan dengan Abbas, Menlu Blinken juga melakukan kontak dengan Menlu dan Perdana Menteri Alternatif Israel Yair Lapid.
 
Dalam sambungan telepon Blinken dan Lapid membahas hubungan AS-Israel yang kuat dan berbagi tantangan, termasuk risiko agresi Rusia lebih lanjut terhadap Ukraina serta ancaman yang ditimbulkan oleh Iran. Menlu Blinken dan Menlu Lapid juga membahas isu Israel-Palestina.
 
“Amerika Serikat menegaskan kembali komitmen teguh Pemerintah untuk keamanan Israel,” pungkas Blinken.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif