Serangan Israel ke wilayah Gaza pada 19 April 2022. Foto: AFP
Serangan Israel ke wilayah Gaza pada 19 April 2022. Foto: AFP

Balas Roket, Israel Lancarkan Serangan Udara di Jalur Gaza

Internasional Palestina Israel hamas Israel Serang Gaza
Marcheilla Ariesta • 20 April 2022 07:53
Gaza: Israel melancarkan serangan udara di Jalur Gaza sebagai tanggapan atas roket yang ditembakkan dari daerah kantung pertahanan Palestina pada Selasa 19 April 2022. Ini serangan udara pertamanya ke Gaza dalam beberapa bulan terakhir.
 
"Pasukan khusus juga telah melakukan lima penangkapan semalam di Tepi Barat yang diduduki," kata polisi Israel.
 
Ketegangan terbaru difokuskan pada kompleks Masjid Al-Aqsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jemaah Palestina yang berkumpul di sana untuk salat Ramadan marah dengan kunjungan warga Yahudi di bawah perlindungan polisi Israel yang ketat. Warga Yahudi itu melakukan pembatasan akses mereka sendiri.
 
Kekerasan, bertepatan dengan perayaan Paskah Yahudi serta bulan suci umat Islam, telah memicu kekhawatiran terulangnya peristiwa tahun lalu, ketika keadaan serupa memicu perang 11 hari yang meratakan sebagian Gaza.
 
Senin kemarin, sirene peringatan berbunyi setelah sebuah roket ditembakkan ke Israel selatan dari daerah kantong yang diblokade, yang dikendalikan oleh kelompok pejuang Hamas. Serangan roket itu menjadi insiden pertama sejak awal Januari.
 
Militer Israel mengatakan, roket itu telah dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome. Beberapa jam kemudian, angkatan udara Israel mengatakan telah menyerang sebuah pabrik senjata Hamas sebagai pembalasan.
 
Hamas mengklaim telah menggunakan 'pertahanan anti-pesawat' untuk melawan serangan itu, yang tidak menimbulkan korban. Tidak ada faksi di daerah kantong padat berpenduduk 2,3 juta jiwa itu yang langsung mengaku bertanggung jawab atas roket tersebut.
 
Tapi serangan terjadi setelah berminggu-minggu meningkatnya kekerasan, dengan total 23 warga Palestina dan Arab-Israel tewas, termasuk penyerang yang menargetkan warga Israel dalam empat serangan mematikan. Serangan-serangan itu merenggut 14 nyawa, kebanyakan warga sipil.
 
Laman AFP, Rabu, 20 April 2022 melaporkan, tembakan roket juga menyusul akhir pekan kekerasan Israel-Palestina di dalam dan sekitar kompleks masjid Al-Aqsa yang melukai lebih dari 170 orang, sebagian besar demonstran Palestina.
 
Polisi Israel mengatakan mereka menolak untuk mengizinkan pawai yang direncanakan oleh kaum nasionalis Yahudi di sekitar tembok Kota Tua.
 
Pawai serupa tahun lalu, menyusul gelombang kekerasan serupa, disela oleh tembakan roket dari Gaza yang pada gilirannya memicu perang 11 hari.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif