Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Kepala Polisi Rwanda Lecehkan Pengungsi Anak di Penampungan PBB

Internasional pengungsi sinabung pelecehan seksual
Arpan Rahman • 28 April 2020 19:09
Kigali: Tuduhan bahwa seorang komandan polisi Rwanda melakukan kekerasan seksual terhadap seorang pengungsi anak telah mengacaukan skema yang didanai oleh Uni Eropa. Padahal ratusan pengungsi dan pencari suaka telah dievakuasi dari pusat-pusat penahanan di Libya.
 
Tuduhan itu dibuat oleh bocah lelaki Eritrea berusia 16 tahun, yang kembali ke pusat transit Gashora, selatan Kigali, setelah jam malam terkait virus pada 13 April.
 
Pengungsi mengatakan bocah itu ditahan di sana bersama tiga lainnya, seorang Eritrea dan dua bocah Sudan, antara pukul 18:30 dan 22:30, dan dilecehkan oleh komandan polisi yang bertugas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Dia) memerintahkannya untuk melepas pakaiannya," kata seorang pemimpin pengungsi yang berbicara kepada remaja itu sesudahnya.
 
“Anak itu melakukan apa yang diperintahkan karena dia pikir dia akan digeledah, tetapi kemudian dia diminta melepas celananya, yang dia tolak. Komandan menampar dan memukulinya di seluruh tubuhnya menggunakan tongkat. Kemudian dia melanjutkan untuk mengambil senjatanya dan mengancam dengan itu, tetapi (remaja itu) berhasil melarikan diri,” ungkapnya.
 
Juru bicara badan pengungsi PBB Elise Villechalane mengatakan sangat prihatin tentang dugaan kasus pelecehan seksual terhadap seorang pengungsi di mekanisme transit darurat Gashora.
 
"Tim perlindungan kami hadir di pusat dan langkah-langkah yang tepat telah diambil untuk memberikan dukungan yang diperlukan kepada korban yang diduga, termasuk bantuan hukum dan psikososial,” janjinya, disitir dari Guardian, Selasa 28 April 2020.
 
Pasukan kepolisian Rwanda menuduh para pengungsi berbohong, dengan mengatakan mereka tidak senang dengan pembatasan terkait virus korona dan bocah itu mabuk.
 
"Masih ada komandan di sana, berjaga sepanjang waktu," kata yang lain.
 
Pemerintah Rwanda tidak menanggapi permintaan komentar, tetapi mengonfirmasi bahwa penyelidikan sedang dilakukan.
 
Sebagian besar pengungsi yang dievakuasi ke Rwanda adalah mereka yang selamat dari pelecehan seksual atau fisik. Mereka menghabiskan berbulan-bulan atau bertahun-tahun di Libya dengan penyelundup yang diketahui menyiksa para korban yang tidak mampu membayar sejumlah besar uang.
 
Para pengungsi itu kemudian kedapatan mencoba menyeberangi Mediterania ke Eropa dan dikurung di pusat-pusat penahanan yang terkait dengan pemerintah Libya didukung PBB. Di mana kerja paksa, kekurangan makanan, dan pelanggaran lainnya telah dilaporkan.
 
Pengungsi yang tiba di Rwanda sudah diwawancarai untuk kesempatan dimukimkan kembali. Kelompok pertama berangkat ke Swedia dan Kanada awal tahun ini, sebelum pandemi memaksa pemukiman kembali tertunda.
 
Para pengungsi di Gashora sudah mengadakan protes yang melayangkan tujuh tuntutan, termasuk penyelidikan yang layak, pemindahan komandan dari pusat itu, dan bagi seorang anggota staf UNHCR untuk hadir setiap saat demi keselamatan mereka.
 
Mereka juga meminta Alight (sebelumnya Komite Pengungsi Amerika), yang bertanggung jawab atas perlindungan anak di bawah umur, untuk diganti. Pengungsi mengatakan organisasi itu tidak aktif atau responsif.Alight tidak membalas permintaan untuk berkomentar.
 
Bulan lalu, tak lama sebelum kuncian, pengungsi telah berulang kali mengatakan bahwa mereka senang mematuhi pembatasan ketat. Banyak yang menderita TBC atau masalah kesehatan lainnya, membuat mereka rentan.
 
Para pengungsi mengatakan bahwa mereka semakin marah dan frustrasi karena dugaan serangan itu tidak ditanggapi dengan serius. "(Tidak ada) keadilan di masyarakat ini," kata seorang warga Eritrea berusia 20-an.
 
"Mereka ingin menekan suara kita sepenuhnya.Mereka akan melenyapkan insiden ini dan kita tidak bisa berbuat apa-apa karena kita adalah pengungsi," keluhnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif