Seorang petugas keamanan bersiaga di jalanan Burkina Faso. (Foto: AFP)
Seorang petugas keamanan bersiaga di jalanan Burkina Faso. (Foto: AFP)

Serangan di Pasar Hewan Burkina Faso Tewaskan 30 Orang

Internasional isis burkina faso
Willy Haryono • 01 Juni 2020 08:36
Kompienga: Sedikitnya 30 orang tewas dalam serangan di sebuah pasar hewan ternak di Burkina Faso. Serangan yang dilakukan sekelompok individu bermotor itu terjadi di kota Kompienga pada akhir pekan kemarin.
 
Dilansir dari BBC, Minggu 31 Mei 2020, belum diketahui pasti siapa pihak di balik serangan. Namun Burkina Faso dilanda lonjakan aksi kekerasan ekstremis dan antar-komunal dalam beberapa tahun terakhir.
 
Gelombang aksi kekerasan di Burkina Faso telah membuat ratusan ribu orang melarikan diri dari rumah mereka masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Media lokal awalnya melaporkan adanya 20 korban tewas dalam serangan di pasar hewan ternak di Kompienga, meski ada beberapa sumber yang mengatakan angkanya bisa jauh lebih tinggi lagi.
 
Kantor berita AFP mengutip keterangan beberapa warga setempat yang mengatakan adanya 30 korban tewas.
 
Jumat kemarin, sedikitnya 15 orang tewas saat sekelompok ekstremis menyerang sebuah konvoi pedagang di wilayah utara Burkina Faso dekat perbatasan Mali.
 
Pemerintah Burkina Faso menegaskan bahwa serangan tersebut dilakukan "para teroris," istilah yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan al-Qaeda dan kelompok ekstremis terkait Islamic State (ISIS).
 
Terlepas dari klaim pemerintah yang beberapa kali mengaku berhasil mengatasi grup ekstremis, tingkat keamanan di wilayah utara dan timur Burkina Faso masih relatif buruk.
 
Grup ekstremis di Burkina Faso juga dikenal sering menyerang institusi pendidikan, yang telah membuat sekitar 300 ribu anak putus sekolah.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif