Warga Palestina dukung enam tahanan yang melarikan diri dari penjara Israel. Foto: AFP
Warga Palestina dukung enam tahanan yang melarikan diri dari penjara Israel. Foto: AFP

Tak Mampu Ringkus Pembobol Penjara, Israel Malah Tangkap Kerabat

Internasional Palestina israel palestina Israel Tahanan Palestina Kabur
Fajar Nugraha • 10 September 2021 16:14
Tepi Barat: Tentara Israel melakukan penangkapan lebih banyak terhadap kerabat dari enam tahanan Palestina yang berhasil melarikan diri. Penahanan itu berlangsung pada Jumat 10 September, ketika pasukan Israel melakukan perburuan besar-besaran di Tepi Barat.
 
Seperti diketahui sebelumnya, Israel telah mengerahkan pasukan ke wilayah Palestina sejak pelarian enam gerilyawan dari penjara keamanan tinggi Gilboa, Senin lalu di Israel utara. Keenam tahanan itu berhasil melarikan diri melalui terowongan yang digali di bawah wastafel di sel.
 
Baca: Buru Tahanan Palestina yang Kabur, Israel Kerahkan Pasukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebanyak dua saudara laki-laki dan saudara perempuan tersangka dalang Mahmud Ardah ditangkap pada Jumat pagi di Desa Arraba dekat Jenin di Tepi Barat utara,” kata pernyataan Palestinian Prisoners Club, seperti dikutip AFP, Jumat 10 September 2021.
 
Ardah, seorang anggota kelompok militan Jihad Islam, telah dipenjara seumur hidup sejak 1996 karena perannya dalam serangan mematikan.
 
Kerabat lain dari enam buronan, semuanya dari daerah Jenin, ditangkap pada hari Rabu dan ditahan, menurut kelompok advokasi Palestina.
 
Tentara Israel tidak segera berkomentar tentang penangkapan itu.
 
Pada Kamis, Menteri Keamanan Publik Omer Bar Lev mengatakan, dia dan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah sepakat untuk membentuk komisi penyelidikan yang dipimpin oleh seorang pensiunan hakim.
 
Warga Palestina telah merayakan pelarian itu dengan demonstrasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang diblokade Israel, beberapa di antaranya telah disertai dengan kerusuhan. Lebih banyak aksi protes dijadwalkan pada Jumat.
 
Perintah Israel berlaku terhadap penerbitan rincian investigasi aksi bobol penjara itu, bahkan ketika media Israel melaporkan upaya pemulihan citra yang dilakukan oleh pemerintah Negara Yahudi itu.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif