Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. (AFP)
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. (AFP)

Arab Saudi Pulihkan Sepenuhnya Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Internasional arab saudi uni emirat arab mesir qatar terbuka kisruh qatar bahrain
Willy Haryono • 06 Januari 2021 07:32
Riyadh: Arab Saudi telah memulihkan sepenuhnya hubungan diplomatik dengan Qatar. Langkah serupa juga diambil oleh Uni Emirat Arab, Bahrain, dan juga Mesir pada Selasa, 5 Januari.
 
Pada 2017, Arab Saudi dan tiga sekutunya menerapkan embargo terhadap Qatar atas tuduhan mendukung terorisme.
 
"Apa yang terjadi hari ini adalah membuka lembaran baru dalam semua poin-poin perbedaan. Semua hubungan diplomatik telah pulih," kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari laman Eurasia Review pada Rabu, 6 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konferensi pers digelar di akhir Konferensi Tingkat Tinggi Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) di kota al-Ula, Arab Saudi. Pemimpin dari enam negara GCC telah menandatangani dua dokumen, Deklarasi al-Ula, dan satu komunike.
 
Baca:  Mesir Buka Penerbangan Usai Qatar Rujuk dengan Arab Saudi
 
Pangeran Faisal mengatakan, Deklarasi al-Ula menekankan pentingnya memerangi beberapa entitas yang mengancam keamanan negara-negara Teluk.
 
"KTT ini mengirimkan pesan kepada seluruh dunia bahwa sebesar apapun perseteruan di wilayah sendiri, kebijaksaan mampu mengatasi semuanya," kata Pangeran Faisal.
 
Komunike dalam KTT GCC ke-41 menyerukan penguatan kerja sama dalam memerangi entitas teroris, serta menekankan persatuan negara-negara GCC.
 
"Pernyataan (dalam komunikne) menekankan solidaritas negara-negara Teluk mengenai segala bentuk intervensi langsung maupun tidak langsung dalam urusan dalam negeri. Semua anggota (GCC) sepakat tidak boleh ada pelanggaran terhadap kedaulatan negara manapun," sebut Pangeran Faisal.
 
Sebelumnya, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman telah bertemu Emir Qatar Sheikh Tamim di sela-sela KTT GCC.
 
Amerika Serikat menyambut baik pemulihan hubungan Arab Saudi dan Qatar. AS juga mengapresiasi hasil-hasil dari KTT GCC ke-41, yang disebutnya sebagai "langkah positif dalam memulihkan kesatuan Teluk dan Arab."
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif